Selasa, 02 April 2013

Pulau Telo, Objek Wisata Terpendam

Pulau Telo, adalah nama desa sekaligus 3 pulau yang terletak di kecamatan Selat kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah. Menurut data Wikipedia, luas desa ini kurang lebih 25,80 km² dengan jumlah penduduk pada tahun 2007 berjumlah  4.110 jiwa (2007) dengan kepadatan penduduk 159,30 jiwa/km².

Peta pulau telo
Pulau Telo Google Map dari Wikimapia
Nama desa diambil dari  pulau  yang berada di depan desa ini, yaitu ditengah sungai Kapuas. Ada beberapa pulau yang berada di dekat desa Pulau telo, namun ada 3 pulau yang berdekatan dan dari sinilah nama pulau tersebut di berikan, yang mana "telo" dalam bahasa setempat berarti 3.
Foto Pulau telo
Pulau Telo

Kordinat Pulau Telo menurut Wikimapia berada di 2°58'21"S   114°22'38"E, beberapa kota terdekat antara lain Basarang, Kab. Kapuas, Pulang Pisau, dan Banjarmasin. Secara umum mata pencaharian penduduk setempat adalah Bertani, Nelayan tradisional dan Berdagang. 

Foto Jembatan Pulau telo
Jembatan Pulau Telo
Pulau Telo adalah pulau-pulau yang memiliki potensi untuk dikembangkan. Selain memiliki vegetasi mangrove yang masih bagus, satwa-satwa seperti burung, reptil dan serangga masih bisa dijumpai di kawasan ini. Aneka kupu-kupu berwarna-warni serta kicauan khas beragam jenis burung akan menjadi sambutan menarik dikala menyusuri sisi-sisi pulau ini. 

Potensi terpendam Pulau Telo rupanya sudah dilirik oleh dinas Pariwisata kabupaten Kapuas. Survei ke Pulau Telo  kecamatan Selat  Februari 2012 lalu oleh tim kecil dari Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kapuas merupakan langkah awal untuk membangunkan potensi pulau ini untuk diangkat menjadi objek wisata baru. Salah satu hasil dari survei tersebut adalah rencana dibangunnya Gazebo di salah satu pulau yaitu pulau terbesar di Pulau Telo.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Selasa, April 02, 2013

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion