Selasa, 02 April 2013

Sonneratia caseolaris | Rambai

Rambai adalah salah (Sonneratia caseolaris) adalah sejenis pohon penghuni rawa-rawa tepi sungai dan hutan bakau, yang termasuk ke dalam suku Lythraceae (dulu, Sonneratiaceae).  Rambai adalah sebutan untuk masyarakat Banjar, beberapa daerah lain memiliki sebutan sendiri-sendiri untuk tanman yang umumnya tumbuh subur ditepian sungai berlumpur ini.
Morfologi rambai
Pohon Rambai (Sonneratia caseolaris)
Rambai atau Pidada merah adalah salah satu jenis pidada yang sering  ditemui. Nama lokal tanaman ini di beberapa daerah lainnya, di antaranya: alatat (Sim.); berembang (Mly.); pedada, perepat merah, rambai (Banjarm.); bogem (Sd.); betah, bidada, bogem, kapidada (Jw.); bhughem, poghem (Mad.); wahat merah, warakat merah (Amb.); posi-posi merah (Ternate) dan lain-lain. Di mancanegara tanaman ini antara lain disebut hikau-hikauan, ilukabban, palapat, palata, pagatpat, payar, pedada (Fil.); bãn sè (Viet.); lam phu, lampoo (Thai.); ampou-krohom (Kamb.); serta mangrove apple (Ingg.)

Pohon Rambai berukuran kecil hingga sedang, tinggi sekitar 15 m dan jarang-jarang mencapai 20 m. Tajuk renggang dengan ranting-ranting menggantung di ujung. Serta dengan banyak akar napas yang besar muncul vertikal di sekeliling batangnya, kadang-kadang hingga beberapa meter jauhnya dari batang.

Foto Bunga Rambai
Bunga Rambai Yang Belum Mekar

Daun-daun tunggal, berhadapan, bundar telur terbalik atau memanjang, 5–13 cm × 2–5 cm, dengan pangkal bentuk baji dan ujung membulat atau tumpul. Tangkai daun pendek dan seringkali kemerahan.

Bunga sendirian atau berkelompok hingga 3 kuntum di ujung ranting. Kelopak bertaju 6 (jarang 7–8), runcing, panjang 3–4,5 cm dengan tabung kelopak serupa cawan dangkal di bawahnya, hijau di bagian luar dan putih kehijauan atau kekuningan di dalamnya. Daun mahkota merah, sempit, 17-35 mm × 1,5-3,5 mm. Benangsari sangat banyak, panjang 2,5–3,5 cm, putih dengan pangkal kemerahan, lekas rontok. Tangkai putik besar dan panjang, tetap tinggal sampai lama.

Rambai (Sonneratia caseolaris)
Bunga Rambai Yang Sudah Mekar
Bunga Rambai berwarna merah yang mekar di malam hari. Bunga ini mengandung banyak nektar, yang disukai oleh kelelawar dan ngengat, yang secara tidak langsung membantu penyerbuakan. Buah buni berbiji banyak berbentuk bola pipih, hijau, 5–7,5 cm diameternya dan tinggi 3–4 cm, duduk di atas taju kelopak yang hampir datar. Daging buah kekuningan, masam asin, berbau busuk.

ciri-ciri buah rambai
Buah Rambai
Rambai banyak ditemukan di hutan-hutan bakau yang bersalinitas rendah dan berlumpur dalam; di sepanjang tepian sungai dan juga di rawa-rawa yang masih dipengaruhi pasang-surut air laut.  Pemencaran Rambai atau pidada dibantu oleh aliran air, buah yang masak akan jatuh dan terbawa aliran air dan akan tumbuh pada tempat yang cocok.

Sumber : wikipedia

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Selasa, April 02, 2013

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion