Selasa, 21 Mei 2013

Cara Mencegah Toxoplasma

Toxoplasma adalah parasit protozoa bersel tunggal penyebab Toxoplasmosis. Virus ini pertama kali ditemukan dalam hewan pengerat di Afrika Utara yang disebut gondii oleh Charles Nicolle dan Lonis Manceaux di Laboartorium Institut Pasteur di Tunisia pada tahun 1908. Siklus hidup selengkapnya baru ditemukan pada tahun 1970 yakni ditemukannya siklus seksual pada kucing sebagai hospes tetapnya, sedangkan pada hospes perantara adalah berbagai jenis burung dan mamalia termasuk manusia.
tips mencegah penularan toxoplasma
Toxoplasma

Toxoplasma gondii  tersebar luas di alam, baik pada manusia maupun hewan, dan merupakan salah satu penyebab penyakit infeksi yang paling sering terjadi pada manusia di seluruh permukaan bumi. Karena cara penularannya yang juga relatif mudah.

Bahaya Toxoplasma, Tokso biasanya menginfeksi otak, tetapi bisa juga menyerang bagian tubuh -lain terutama mata. Tokso menyebabkan luka yang amat serius di otak. Pada kehamilan, tokso dapat mengakibatkan keguguran atau cacat pada bayi. Gejala-gejala Tokso antara lain sakit kepala, lemah, sulit berpikir jernih, demam, mati rasa, koma, serangan jantung, dan gangguan saraf lain. Penderita dengan sistem kekebalan rendah, ibu hamil atau sedang terinveksi penyakit lain seperti HIV sangat berisiko.

Mencegah Toxoplasma, cara pencegahan atau preventif adalah salah satu usaha agar kita terhindar dari toxoplasma. Untuk pencegahan  kita harus tahu lebih dahulu bagaimana penularannya, yang pertama adalah melalui hewan misal kucing, bisa melalui liur atau kotorannya, kemudian dari daging yang tidak dimasak dengan matang, dari buah-buahan atau sayur yang tidak di cuci bersih, dari ibu ke janin, atau tertelan tanah saat berkebun atau bercocok tanam. Sebenaranya parasit toxo terdapat pada sebagian besar orang, namun kuman ini tidak berbahaya, seperti halnya virus flu, ketika orang tersebut memiliki antibodi yang kuat, tetapi akan aktif ketika kekebalan tubuh host (manusia) menurun.

Tips Mencegah Penularan Toxoplasma
1. Hindari kontak tangan dengan kucing, terutama kucing liar
2. Cuci tangan sebelum makan dengan sabun, atau gunakan antiseptik
3. Cuci buah-buahan dan sayuran sebelum dimakan
4. Gunakan sarung tangan saat berkebun
5. Hindari makan makanan setengah matang
6. Selalu jaga kondisi tubuh dengan tidur yang cukup dan rajin berolahraga


ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Selasa, Mei 21, 2013

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion