Selasa, 14 Mei 2013

Cara Mengisi Pulsa Listrik Prabayar

Meteran Listrik Prabayar mungkin sudah tidak asing lagi, namun ternyata masih banyak orang yang belum tau cara mengisi pulsa listrik prabayar ini. Meteran Listrik Pascabayar kini sudah tidak tersedia lagi untuk pelanggan yang ingin memasang instalasi listrik, khususnya diperkotaan. Kini sebagai gantinya, meteran listrik yang digunakan adalah meteran listrik parabayar atau dikenal sebagai meteran listrik pulsa.
cara mengisi pulsa listrik prabayar
Meteran Listrik Prabayar PLN

Cara mengisi pulsa listrik sangat asing bagi warga terutama di pedesaan yang mana tetangga-tetangganya masih menggunakan listrik pascabayar yang setiap bulan membayar ke loket-loket PLN, sedangkan untuk meteran listrik pulsa atau prabayar, menggunakan sistem token atau pulsa yang mana setiap kwh penggunaan listrik nilainya dikonversi kedalam bentuk pulsa. Jadi anda harus mengisikan pulsa ke meteran tersebut agar bisa mendapatkan aliran listrik. Menurut perkiraan untuk daya 1300 tarif per kwh itu kurang lebih sekitar Rp. 790,- hanya berbeda sedikit dengan daya 2200 yaitu sekitar Rp. 795,- / Kwh. Aliran listrik akan terputus ketika pulsa habis, jadi pastikan pulsa anda selalu tercukupi setidaknya untuk malam hari jika tidak ingin repot.
tempat pembelian pulsa listrik prabayar
Contoh pembelian pulsa PLN Prabayar di Loket Pembayaran Online

Pengisian Pulsa Listrik PLN Prabayar ini sangat mudah, cukup perhatikan meteran listrik prabayar anda. Disana ada tombol-tombol seperti keypad Handphone, selain tombol angka disana juga ada beberapa tombol yaitu enter (panah membelok) dan lambang seperti panah biasa.

Cara bayar listrik prabayar tidak harus ke Loket PLN, tetapi dengan membeli token atau pulsa listrik prabayar tersebut. Bisa di loket-loket PLN, counter pulsa tertentu, atau ke kantor pos katanya juga ada. Nominal yang tersedia umumnya Rp 20.000,- , 50.000,- , 100.000,- dst. Perlu diperhatikan, sebelum anda menuju tempat-tempat pembelian token atau pulsa listrik tersebut anda harus membawa, atau mengingat (jika hafal) kode atau nomer meter dirumah anda. Karena tanpa nomer tersebut kita tidak bisa mendapatkan kode token atau kode pulsa yang akan di input atau dimasukan ke meteran listrik prabayar.

Pulsa Listrik Prabayar yang sudah anda dapatkan dalam bentuk token atau kode bisa di input atau dimasukan kodenya layaknya anda mengisi pulsa voucer gesek. Nah kalau anda bingung, berikut tahapan untuk anda yang ingin mengisi pulsa listrik prabayar.

1. Catat nomor meter, atau nomor kepemilikan meter (11 digit)
2. Datang ke counter pulsa yang menjual token listrik, atau ke loket PLN atau ke loket pembayaran online terpadu
3. Kasihkan kode nomer meter anda, dan sebut nominal yang anda inginkan misal, 20, atau 50 ribu, (biasanya harga plus seribu dari nominal, misal 20 harganya menjadi Rp 21.000,-
4. Simpan kode token yang di kasih keanda, bisa dalam bentuk catatan di kertas atau semacam slip
5. Sekarang mengisi pulsa listrik caranya
- pencet enter
- masukan 20 digit angka token yang tadi anda beli
- cek nomer yang sudah ditekan (di input)
- tekan enter sekali lagi
- jika ada  tulisan valid dan angka di meteran bertambah berarti anda sudah sukses melakukan pengisian pulsa listrik prabayar.

Cara pembelian Pulsa/Token Listrik di ATM akan di bahas di postingan selanjutnya. Buat anda yang bingung  mencari tempat penjualan token atau pulsa listrik prabayar misalnya pada malam hari, bisa pergi ke ATM karena biasanya ATM buka 24 Jam.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Selasa, Mei 14, 2013

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion