Jumat, 31 Mei 2013

Cara Pembuatan Telur Asin

Cara pembuatan telur asin sangat sederhana, tetapi perlu sedikit ketelitian dan kejelian terutama saat memilih telur itik yang berkualitas. Pastikan anda mengetahui kualitas telur yang akan di gunakan bagus dan layak untuk dijadikan telur asin. 
proses pembuatan telur asin
Cara pembuatan telur asin

Manfaat telur asin atau Khasiat telur asin bagi tubuh juga penting karena didalam telur terdapat kandungan gizi yang cukup tinggi serta makronutrient yang tentu saja sangat berguna bagi tubuh, mengkonsumsi telur dapat menjaga kesehatan otak karena kuning telur juga mengandung Kolin. Serta berbagai kandungan lain yang sudah banyak dijelaskan mengenai manfaat dan khasiat telur.

Telur Asin Aneka Rasa adalah varian telur asin yang juga banyak diminati, cara pembuatan telur asin aneka rasa ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara pembuatan telur asin original. Letak pembedanya hanyalah saat proses pengasinan dimana adonan pengasin diberikan tambahan perasa seperti jahe, cabe, jeruk, bawang putih, dll.

Proses pembuatan Telor Asin, pengolahan nya adalah sebagai berikut :
1. Menyiapkan Bahan yaitu telur itik atau telur bebek yang bagus, caranya bisa dengan merendamnya di bak air atau dengan menggunakan lampu senter (diterawang)
2. Menyiapkan bahan untuk adonan pengasin, bisa berupa tanah liat dengan campuran abu gosok atau menggunakan serbuk bata merah, dan garam. Jika ingin membuat telur asin rasa silahkan siapkan tambahan rasa seperti jahe, cabe, bawang putih atau jeruk

Proses pengolahan telur asin;
1. Cuci bersih telur-telur bebek yang akan diasinkan
2. Siapkan adonan dengan mencampurkan tanah liat, abu gosok dan garam dengan perbandingan kira-kira 2:2:3, jika ingin membuat telur asin rasa tambahkan perasa pada adonan secukupnya
3. Aduk adonan hingga tercampur rata dan berbentuk seperti pasta ( seperti tanah liat)
4. Bungkuskan atau selimuti setiap telur dengan adonan pengasin tadi dengan ketebalan kurang lebih 1 cm
5. Letakan di bak plastik atau yang lainnya dan biarkan hingga kurang lebih 15 hari
6. Cuci dan hilangkan adonan pengasin dari kulit telur kemudian di kering angin kan
7. Rebus telur asin tadi seperti merebus telur biasa pada umumnya, dan telur asin pun siap untuk dikonsumsi

Teknik pembuatan telur asin sebenarnya juga bisa menggunakan teknik basah yaitu dengan merendamkan telur kedalam larutan (air yang telah diberi garam), untuk mempermudah penyerapan garam biasanya telur sedikit diamplas dulu pada bagian permukaannya untuk membuka pori-pori kulit telur. Telur didiamkan sekitar 15 hari atau sesuai selera, kemudian direbus.


ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Jumat, Mei 31, 2013

1 komentar:

Anonim mengatakan...

terima kasih. artikel bagus

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion