Kamis, 23 Mei 2013

Ekosistem Gurun (Padang Pasir)

Ekosistem Gurun terdapat di daerah tropik yang berbatasan dengan padang rumput. Ciri-ciri ekosistem gurun adalah gersang dan curah hujan rendah (25 cm/tahun). Perbedaan suhu antara siang dan malam sangat besar. Tumbuhan semusim yang terdapat di gurun berukuran kecil. Selain itu, di gurun dijumpai pula tumbuhan menahun berdaun seperti duri contohnya kaktus, atau tak berdaun dan memiliki akar panjang serta mempunyai jaringan untuk menyimpan air. Hewan yang hidup di gurun antara lain unta, rodentia, semut, ular, kadal, katak, kalajengking, dan beberapa hewan nokturnal lain.
Ekosistem padang pasir
Ekosistem Gurun atau Padang Pasir

Sikluk hidup tumbuhan di sebuah ekosistem gurun atau padang pasir biasanya berlangsung singkat, kecuali tumbuh-tumbuhan yang telah beradaptasi terhadap lingkungan yang kering dan gersang. Umumnya tumbuh-tumbuhan seperti palem, dan rerumputan tumbuh terkonsentrasi di sekitar oasis. 

Tingkat Keanekaragaman Ekosistem gurun terbilang rendah, karena lingkungan yang ekstrim hanya memungkinkan beberapa jenis makhluk hidup yang dapat bertahan. Gurun terjadi karena proses pelapukan bantuan oleh cuaca yang variasi temperatur antara siang dan malam sangat tajam.Batuan yang menjadi sangat panas pada siang hari kemudian menyusut dan pecah karena suhu yang sangat dingin pada malam hari. Proses pelapukan ini berlangsung ribuan tahun,bahkan ada yang telah berumur jutaan tahun,seperti Gurun Sahara di Afrika Utara.

Pembentukan Gurun pasir juga dapat disebabkan oleh penguapan air tanah yang berlebihan oleh pemanasan matahari tehadap permukaan tanah dan atmosfir.Padahal pemanasan atmosfer dalam waktu yang lama akan memperkecil kemungkinan terjadinya hujan(kondensasi). Jika itu terus berlanjut tanah pun menjadi gersang dan kemudian terciptalah gurun pasir.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Kamis, Mei 23, 2013

1 komentar:

Aries taufik mengatakan...

saya mau tanya :bagaiman solusi untuk mengatasi berkurangnya volume air di gurun?
terima kasih

Poskan Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion