Selasa, 21 Mei 2013

Ekosistem Sawah

Ekosistem Sawah adalah salah satu contoh ekosistem buatan, karena sawah merupakan tempat budidaya atau tempat bercocok tanam petani. Di dalam Ekosistem Sawah ada dua bagian komponen yang menyusunnya yiatu komponen biotik dan abiotik. Menurut peranannya dalam ekosistem, komponen biotik dibedakan menjadi tiga golongan, yaitu produsen, konsumen, dan pengurai. Organisme yang berperan sebagai produsen adalah semua organisme yang dapat membuat makanan sendiri. Organisme ini disebut organisme autotrof, contohnya adalah tumbuhan hijau. Sedangkan organisme yang tidak mampu membuat makanan sendiri (heterotrof ) berperan sebagai konsumen.
Pemandangan sawah
Foto Sawah yang sedang di garap

Ekosistem di sawah memiliki keanekaragaman yang lebih rendah daripada ekosistem lain seperti ekosistem kebun, hutan, danau, thundra, waduk,  dan yang lainnya, karena di sawah, umumnya beberapa tumbuhan atau hewan yang merugikan  untuk tanaman padi seringkali di musnahkan. 

Komponen Abiotik dan Biotik Ekosistem sawah antara lain. Komponen Abiotik ; Udara, Cahaya Matahari, Air, tanah, dan unsur hara. Sedangkan komponen Biotik yang dapat dijumpai antara lain, Padi, genjer, Salvinia, tikus, belalang, capung, katak, ular, belut, siput, laba-laba, beberapa jenis burung seperti pipit, blekok dan kuntul, serta beberapa jenis serangga.

Foto Sawah sering kali menjadi pemandangan yang indah, dan kerap diabadikan oleh fotografer. Tidak hanya pemandangan sawah, foto petani di sawah pun sering menjadi objek foto para fotografer, selain terkesan natural dan alami, lahan sawah juga memberikan kesejukan dan ketenangan.

Pemandangan Sawah yang paling asik dinikmati adalah saat senja hari atau ketika matahari mulai terbenam, apalagi posisi pandangan kita, tepat mengarah kesawah dengan latar matahari tenggelam. Saat ini luas sawah di Indonesia semakin berkurang, karena pertumbuhan penduduk dan perpindahan lapangan pekerjaan. Mengingat jasa-jasanya kita harus bersyukur masih ada pak tani yang masih mau menggarap sawahnya dan menyediakan persediaan beras nasional.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Selasa, Mei 21, 2013

1 komentar:

Adhitya mengatakan...

nisa mas ga harus pake paypal bisa jga pakai cek tp POx stiap $50..
klo paypal $10

Poskan Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion