Selasa, 14 Mei 2013

Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan

Manfaat kacang tanah bagi kesehatan tubuh ternyata cukup banyak, kandungan kacang tanah selain mengandung protein nabati, juga memiliki berbagai kandungan lain yang bermanfaat bagi kesehatan. Diantara manfaat-manfaat tersebut adalah sebagai berikut :
Mitos kacang tanah dapat menumbuhkan jerawat
Manfaat Kacang Tanah


1. Mencegah Anemia
Kacang tanah mengandung zat besi yang sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi dapat meinumbulkan gejala anemia.


2. Membantu Menjaga Kesehatan Janin dalam Kandungan
Kacang tanah banyak mengandung folat yang diketahui sangat bermanfaat untuk kesehatan janin.  Kebutuhan folat yang cukup akan mencegah bayi lahir cacat.



3. Baik untuk Otak
Kacang tanah mengandung vitamin B3 atau niacin yang diketahui membantu meningkatkan memori otak. Niacin juga berperan mengurangi resiko penyakit Alzheimer.


4. Merawat Kulit
Kandungan Vitamin E dalam kacang tanah bagus untuk kulit . Vitamin E merupakan antioksidan yang membantu menyehatkan kulit yang melindungi dari kerusakan karena radikal bebas.



5. Mengurangi Depresi
Kandungan tryptophan dalam tanah penting untuk produksi serotonin. Serotonin adalah bahan kimia yang terlibat dalam pengendalian mood. Saat terjadi depresi, lebih sedikit serotonin yang dilepaskan dari sel-sel syaraf. Tryptophan dapat meningkatkan efek antidepressant dari serotonin jika terjadi peningkatan jumlah serotonin dalam darah.

Manfaat lain kacang tanah ternyata tidak hanya diatas, mengkonsumsinya dengan teraratur juga mampu menurunkan kolesterol. Untuk mendapatkan manfaat dari kacang tanah tersebut bisa dengan mengkonsumsi kacang tanah baik yang direbus, digoreng, ataupun dalam bentuk selai kacang.

Kacang tanah kaya dengan lemak, mengandung protein yang tinggi, zat besi, vitamin (A,E,K), vitamin B kompleks dan Fosforus, lesitin, kolin dan kalsium. Kandungan protein dalam kacang tanah lebih tinggi dari daging, telur dan kacang soya. 

Mitos Makan Kacang Tanah dapat menimbulkan jerawat sampai saat ini belum bisa dibuktikan kebenarannya secara ilmiah, bahkan sebuah riset oleh American Academy of Dermatology  menyebutkan tumbuhnya jerawat tidak ada kaitannya dengan mengkonsumsi kacang tanah, justru mengkonsumsi gula atau makanan dengan karbohidrat yang tinggilah yang dapat memicu tumbuhnya jerawat.





ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Selasa, Mei 14, 2013

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion