Minggu, 12 Mei 2013

Marsilea crenata (Semanggi)

Marsilea crenata atau Semanggi adalah tanaman yang termasuk kedalam famili Marsiliaceae. Deskripsi menurut buku flora (Steenis,dkk. 2005) ( terjemahan))  adalah tumbuhan dengan daun berdiri sendiri atau dalam berkas, menjari berbilang 4, tangkai daun panjang dan tegak, panjang 2-30 cm,  anak daun menyilang,  berhadapan, berbentuk baji bulat telur, gundul atau hampir gundul, dengan panjang 3-22 cm dan lebar 2-18 cm, urat daun rapat berbentuk kipas, pada air yang tidak dalam muncul diatas air. Biasanya di temukan di sawah, selokan dan genangan air dangkal. 
 Marsilea crenata
 Marsilea crenata (Semanggi)

Daun Marsilea crenata biasanya dijadikan bahan makanan yang dikenal sebagai pecel semanggi, khas dari daerah Surabaya. Organ penyimpan spora (disebut sporokarp) Marsilea drummondii juga dimanfaatkan oleh penduduk asli Australia (aborigin) sebagai bahan makanan. Semanggi Marsilea crenata diketahui mengandung fitoestrogen (estrogen tumbuhan) yang berpotensi mencegah osteoporesis. Tumbuhan ini juga berpotensi sebagai tumbuhan bioremediasi, karena mampu menyerap logam berat Cd dan Pb.

Bahaya mengkonsumsi Semanggi adalah jika tanaman ini tumbuh didaerah yang sudah tercemar terutama logam berat seperti Cd dan PB. Karena Marsilea crenata  mampu menyerap logam berat. Sangat berbahaya jika kita mengkonsumsi semanggi yang mengandung logam berat karena akan terakumulasi di dalam tubuh.

Four Leaves Clover adalah tanaman yang juga dinamakan semanggi, tanaman ini sebenarnya termasuk kedalam kelompok dikotil, jadi tidak seperti Marsilea crenata yang merupakan golongan tumbuhan paku. Four Leaf Clover  dipercaya sebagai daun pembawa keberuntungan bagi siapapun yang menemukannya, namun sangat sulit menemukannya, karena umumnya tanaman ini hanya memiliki 3 helaian daun.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Minggu, Mei 12, 2013

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion