Sabtu, 25 Mei 2013

Menyambut Hari Lingkungan Hidup 5 Juni

Menyambut Hari Lingkungan Hidup 5 Juni, banyak cara dan kegiatan yang bisa dilakukan baik oleh perorangan, kelompok, maupun instansi daam rangka menyambut hari bumi yang akan di peringati beberapa hari lagi tepatnya 5 Juni 2013 ini. Hari lingkungan hidup adalah momentum untuk menumbuh kembangkan semangat cinta dan peduli lingkungan. Karena tidak bisa dipungkiri, bahwa kini bumi semakin memperihatinkan, hutan-hutan semakin gundul, pencemaran terjadi dimana-mana dan atmosfer yang semakin menurun kualitasnya.
artikel hari lingkungan hidup
Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni 

Memperingati hari lingkungan hidup seperti halnya hari-hari lingkungan lainnya umumnya dilakukan dalam bentuk kegiatan gotong royong atau aksi tanam pohon seperti pada Hari Bumi. Melepasliarkan satwa ataupun gerakan pungut sampah di sekitar lingkungan tempat tinggal juga bisa menjadi alternatif kegiatan dalam rangka memperingati hari Lingkungan Hidup. Beberapa kalangan memilih menulis artikel ataupun membentangkan spanduk atau slogan dengan tema selamatkan lingkungan, namun kalau menurut saya tindakan aktif dan kongkrit seperti gotong royong atau aksi tanam pohon, bersih-bersih lingkungan, atau reboisasi akan jauh lebih bermanfaat. Karena selain melakukan, hal tersebut secara otomatis juga akan memberikan efek ajakan kepada orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Tontonlah Ini Agar Kita Lebih Peduli
Hal-hal kecil dan sederhana yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup, baik perorangan atau keluarga antara lain :
1. Menanami pekarangan dengan tanaman buah atau tanaman pelindung,
2. Tidak membuang sampah sembarangan, 
3. Mengurangi dan menghemat penggunaan kertas, listrik, dan air bersih. 
4. Mengurangi penggunaan plastik ( kantong plastik), dan mendukung program Recycle atau daur ulang
5. Tidak menganggu atau membunuh binatang tanpa alasan yang kuat
6. Tidak membeli atau memelihara satwa liar terutama yang dilindungi
7. Tidak turut serta ikut dalam kegiatan yang dapat merusak lingkungan

Semua orang sadar, kalau saat ini Lingkungan sudah semakin kritis, namun sedikit yang sadar dan melakukan hal-hal yang tepat dan berguna untuk setidaknya tidak memperparah keadaan tersebut. Sifat egoisme dan individualisme seringkali menjadi faktor utama yang menyebabkan mereka tidak peduli, membuang sampah disembarang tempat, di sudut-sudut jalan, jembatan, dan sungai. Satu atau dua tahun mungkin Dia tidak merasakan akibatnya, namun lambat laun masalah tersebut akan menjadi masalahnya juga.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Sabtu, Mei 25, 2013

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion