Selasa, 07 Mei 2013

Ovovivipar, Pengertian dan Contoh Hewan

Ovovivipar adalah cara perkembangbiakan pada hewan selain dengan cara ovipar (bertelur) dan vivipar (beranak). Hewan yang berkembangbiak secara ovovivipar memiliki ciri khas dimana embrio berkembang dan tumbuh didalam telur yang berada didalam tubuh induk, ketika embrio telah menjadi individu baru (anak)  maka telurpun menetas dan anak hewan tersebut dikeluarkan seoalh-olah seperti beranak/melahirkan. Karenanya hewan Ovovivipar disebut juga hewan bertelur dan beranak.
perngertian dan contoh hewan ovovivipar
Contoh Hewan Ovovivipar
Contoh Hewan Ovovivipar diantaranya adalah beberapa jenis reptil seperti kadal dan ular serta beberapa jenis ikan seperti ikan Pari, dan Jenis Ikan Hiu. Karenanya meski ikan ini bertelur kita tidak pernah melihat telurnya di sarang. 

Contoh Hewan Ovipar, kalau ini pasti sudah pada tau. Hewan bertelur antaralain bangsa burung pada umumnya, Beberapa jenis reptil seperti kura-kura, dan cicak, jenis-jenis ikan seperti ikan nila, sepat, betok, dan lain sebagainya, serta serangga pada umumnya.

Contoh Hewan Vivipar atau hewan yang berkembang biak secara beranak adalah mamalia seperti kera, gajah, kuda, sapi, paus dsb.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Selasa, Mei 07, 2013

7 komentar:

Anonim mengatakan...

nanya, jadi maksudnya ovovivipar itu, makhluk yang bertelur tapi telurnya masih didalam si induk lalu telurnya menetas didalam sekaligus si induk beranak ya ??
tolong dijawab

Admin mengatakan...

Ovovivipar maksudnya, hewan tersebut sebenarnya bertelur tetapi telur di erami di dalam tubuh induk betina sampai waktunya menetas, yang kemudian di keluar kan seperti layaknya hewan beranak. karenanya disebut pula hewan bertelur beranak.

Anonim mengatakan...

Trus setelah menetas, cangkang telurnya bagaimana?

husnah mengatakan...

Ia seperti ikan hiu

Muhammad Irhab mengatakan...

Ohh thx untuk informasinya

toko herbal online mengatakan...

terimakasih atas postingannya..
Ekidna juga bertelur ya gan?
terimakasih ;)

Anonim mengatakan...

Sip

Poskan Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion