Kamis, 27 Juni 2013

Cara Budidaya Pucuk Merah

Budidaya Pucuk Merah kian dilirik, mengingat permintaan akan tanaman dengan daun-daun muda berwarna merah ini semakin meningkat. Tumbuhan dengan nama latin Syzygium oleana  ini sebenarnya dapat tumbuh hingga 7 meter jika ditanam di lahan terbuka, namun pada pot-pot atau tempat terbatas biasa tingginya hanya sekitar 1,5-3 m. Family Myrtaceae ini telah menggeser beberapa nama tanaman hias favorit sebelumnya di kalangan para pehobies dan penjual tanaman hias.
pembibitan pucuk merah
Tanaman Pucuk Merah

Pembibitan Pucuk Merah
Ada dua cara pembibitan yang banyak dipaparkan untuk tanaman pucuk merah yaitu dengan stek atau dengan biji. Secara umum, untuk produksi masal tentu dengan biji akan lebih efektif. Biji Pucuk Merah didapat dari buahnya. Namun untuk produksi terbatas alternatif stek mungkin bisa di pertimbangkan. 

Bibit Pucuk Merah di hargai sekitar Rp 25.000,- sampai Rp 35.000,- per polyback dengan ukuran tanaman sekitar 30 cm. Harga tersebut dapat berubah tergantung tingginya minat dan permintaan pehobies tanaman hias. Untuk tanaman yang tingginya kurang lebih 1 meter harganya dapat mencapat 150 ribu rupiah.

Karena potensinya tersebutlah banyak petani berusaha mempelajari cara perbanyakan tanaman pucuk merah. Hal tersebut selain bertujuan untuk mempermudah mengontrol harga, juga untuk menjaga keberlangsungan tanaman pucuk merah di habitat aslinya.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Kamis, Juni 27, 2013

2 komentar:

Unknown mengatakan...

assalamu'alaykum..maaf sebelumnya, terimakasih atas share artikelnya, mau tanya..apabila menginginkan biji tanaman pucuk merah ini harganya berapa kemudian dimana bisa beli?

Gita mengatakan...

Saya baru membeli Pucuk Merah tetapi karena keterbatasan lahan, jadi saya tanam di pojok taman yang hanya terkena matahari pada sore hari.
Apakah tidak apa-apa?
Thanks.

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion