Sabtu, 08 Juni 2013

Cara Costum Domain Blogspot di Godaddy

Cara costum domain blogspot, atau istilah saya dulu cara ganti nama blog dengan domain TLD (Top Level Domain). Migrasi nama blog ada beberapa alasan diantaranya adalah agar blog terlihat lebih profesional sebab biasanya menggunakan domain-domain seperti com, net, org, info, dll. Ada juga yang memang tuntutan untuk hal tertentu misalnya ingin menjadi publisher atau hal lainnya yang intinya perlu Costum Domain dari blogspot ke nama domain baru yang lebih keren.

Langkah-langkah costum domain di godaddy yang akan di share berikut bukan bermaksud menggurui, karena saya sendiri masih newbie. Jadi ini hanya sebatas berbagi pengalaman, syukur-syukur kalau bisa memberikan manfaat buat anda para blogger. Berhubung saya lagi ada kerjaan costum dua buah blogspot ke domain TLD, sekalian saja saya buat screenshoot nya. 

Oke, karena udah larut malam langsung saja kita mulai. Pertama-tama silahkan masuk ke akun godaddy anda, dan klik disini selanjutnya klik Edit Zone pada domain yang akan di costum. Maka anda akan masuk ke bagian pengaturan DNS. 

- Mengedit A (Host)
Pada bagian ini biasanya sudah ada satu kolom, untuk mengeditnya, klik Quick Add sebanyak 4 kali sehingga anda menambahkan 4 kolom baru, yang kemudian anda isi. Kolom - kolom tersebut pada bagian Host diisi nama domain anda tanpa www. sebagai contoh domain anda www.ganteng.com maka cukup ditulis ganteng.com saja pada bagian host, sedangkan pada bagian points to copy pastekan ini secara berurutan
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21
cara pindah ke domain tld
Cara Mengedit A (Host) record

- Mengedit CNAME (Alias)
cara ganti nama blogspot ke domain sendiri
Perhatikan kode www    ghs.google.com dan di bawahnya
Mengedit CNAME 

Untuk mengedit ini anda perlu login ke blogger.com, dan pilih menu setelan dasar dan klik setelan lanjutan. Berikutnya akan muncul link  untuk menambahkan domain sendiri. Lalu klik save maka akan muncul peringatan seperti screen shoot dibawah ini.

Catat (copy) dua kode yaitu www dan ghs.google.com, serta kode dibawah www serta kode disampingnya (dibawah ghs.google.com), lalu kembali ke tempat setingan DNS di godaddy.
Pada kolom paling bawah CNAME (Alias) ada satu kolom yang hanya berisi www. Klik  kolom disebelahnya (points to) edit dan copy atau tulis ulang kode ghs.google.com. Selanjutnya tambahkan satu kolom lagi dengan mengklik tombol Quick Add, dan masukan kode dari google yang ada di bawah kode www untuk kolom host dan kode disebelahnya (yang dibawah kode ghs.google.com) untuk mengisi kolom points to.

- Save Zone File
Setelah selesai mengedit , silahkan klik tombol Save Zone File, pada bagian paling bawah.
Save Zone File

Terakhir, anda tinggal kembali ke menu blogger.com -> setelan -> Dasar. Klik setelan lanjutan, tambahkan domain baru anda, centang kotak pengalihan dan klik simpan. Selesai deh.
Klik Simpan dan Selesai costum domainnya
Oke selamat berjuang, maaf tutorial nya berantakan maklum bukan spesialis saya ....

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Sabtu, Juni 08, 2013

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion