Sabtu, 08 Juni 2013

Cara meningkatkan Visitor Blog Secara Alami

Cara meningkatkan visitor blog secara alami, berikut saya bagikan terutama untuk para newbie blogger seperti saya. Bagaimanpun meski para mastah blogger telah banyak memberikan tips dan trik cara meningkatkan jumlah visitor atau kunjungan pada blog, baik dengan cara wajar, setengah wajar bahkan menghalalkan segala cara bagi seorang nebie kadang masih sulit mengaplikasikannya, karena minimnya pengetahuan dan pengalaman.
Histat salah satu blog saya yang sudah mulai Alhamdulillah

Meningkatkan pengunjung blog atau visitor berkaitan erat dengan backlink, namun pada tips yang saya share berikut hal tersebut tidak terlalu saya bahas. Pentingnya visitor atau pengunjung bagi sebuah blog tentu sudah diketahui bersama, selain  blog yang bersifat pribadi misal untuk diary online, blog sudah seharusnya bisa dibaca oleh orang lain, karena dengan terbaca itulah kita bisa berbagi sebagai salah satu misi menulis di blog, dan tentunya banyaknya pembaca atau pengunjung blog akan memberikan berkah tersendiri untuk anda yang ingin meraih penghasilan dari blog. Bagaimanapun ngeblog perlu dana baik langsung maupun tidak langsung seperti, perawatan PC atau Laptop, Listrik, cemilan, biaya internet, dan sebagainya.

Tips meningkatkan visitor secara alami versi mjumani.com adalah sebagai berikut :
1. Backlink, sebagian besar dari anda pasti sudah tau bagaimana cara mendapatkan backlink dan apa manfaatnya. Backlink berfungsi sebagai salah satu parameter yang digunakan google untuk menilai kualitas sebuah blog. Bagi newbi, cara paling sederhana mendapatkan backlink adalah dengan berkomentar di blog orang lain, tidak masalah mau dofollow atau nofollow, berkomentar dengan santun dan natural ( tidak dipaksakan) adalah cara yang sangat sederhana tetapi memiliki manfaat yang luar biasa, karena selain bisa mendatangkan visitor anda juga bisa mendapatkan backlink gratis. Gunakanlah menu Name dan Url saat berkomentar jika memungkinkan.
2. Sosial Bookmark, cara mudah untuk "numpang" eksis artikel adalah melalui social bookmark, silahkan submit artikel anda disana, pilihlah sosbook yang bermutu dan bermateri "internet positif", terlebih yang dofollow selain dapat tambahan visitor juga akan mendapatkan backlink. Saya menggunakan hanya 3 sosbookdiantaranya adalah lintas.me dan Digg.com. Silahkan cari di google website-website sosial bookmark yang anda sukai.
3. Update artikel original secara konsisten dan sebanyak yang anda bisa, berusahalah untuk membuat konten-konten karya anda sendiri, jika tidak memungkinkan anda bisa menulis ulang sebuah berita atau artikel dengan gaya anda sendiri dengan mencantumkan sumbernya. Sebagai newbi atau pemula, anda tidak diharuskan menulis artikel "trending topic" karena anda kemungkinan besar akan kalah bersaing dengan blogger-blogger "senior" dan sudah mapan. Tulis saja artikel-artikel sederhana, pengalaman pribadi, teman atau keluarga, atau opini anda. Sebagai pemula, kita mungkin kalah kualitas, namun dengan semangat dan keuletan kita bisa memanfaatka segi kuantitas atau jumlah, jika anda bisa memposting 10 artikel saja setiap hari maka dalam waktu 3 bulanan saya yakin bisa mendapatkan visitor 1000/hari, jika diasumsikan hanya ada 1 atau 2 kunjungan untuk setiap artikel, anda bisa bayangkan jika setiap artikel bisa dikunjungi 10, atau 50  visitor setiap harinya.
4. Menjadi yang pertama, anda pernah dengar kata bijak " menjadi yang pertama terkadang lebih baik dari pada menjadi yang terbaik", hal ini juga berlaku saat memposting artikel di blog, menemukan ide-ide artikel yang belum pernah tersentuh atau dipublish blogger lain adalah modal anda untuk mendapatkan kunjungan atau visitor "melimpah" untuk tulisan tersebut. Bagi blog yang minim backlink, cara ini adalah kesempatan emas untuk mendapatkan visitor, meskipun kadang artikel tersebut bisa tersalip oleh blogger lain yang memiliki backlink lebih kuat. Tetapi itulah kesempatan anda, untuk menjadi referensi atau sumber bagi blogger-blogger lain, yang tidak mustahil akan mendatangkan banyak "link in" ke blog anda.

Itulah beberapa tips sederhana cara meningkatkan jumlah visitor untuk pemula secara alami, sebagai catatan  saya hanya posting rata-rata 3-4 artikel dalam sehari dan hasilnya sudah tampak kurang dari sebulan, dari visitor hanya sekitar 300/hari menjadi sekitar 2500/hari, saya  mengerti betul, kunjungan 1000-an/day bukanlah apa-apa bagi para mastah blogger, namun bagi kami yang newbi ini jumlah tersebut sudah pasti sangat fantastis dan saya berterimakasih kepada teman-teman Blogger Banua yang selama ini banyak berbagi pengalamannya. "Dalam setiap kegigihan, akan ada sebuah keberhasilan" salam blogger.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Sabtu, Juni 08, 2013

8 komentar:

Indah Puspitasari mengatakan...

saya bener-bener newbie parah nih, bener-bener baru dan bahkan baru tau tentang backlink. thx infonya :)

s^3 mengatakan...

memang benar, yang original itu lebih baik, dan memupuk backlink secara alami dan sabar ... Thakns mastah :)

kangeryu mengatakan...

wah, mantap betul nih gan, bikin aku tambah semangat aja buat blogging, kalo gitu aku numpang backlink di blog agan ya :D
terimakasih atas info dan tutornya, salam blogger.. ^^b
kalo sempat mampir juga ke gubuk aku gan..

desain dapur cantik minimalis mengatakan...

wah kalo social bookmark biasanya cuma topik yang trading topic aja gan yg banyak visitor, setelah beberapa hari udah mlempem lagi.
enak pakai social media aja :)

zhi cun lee mengatakan...

saya benar2 terobsesi dengan fisitor banyak dalam blog. karnanya saya tiak bosan2 memahami tentang bagaimana caranya menjadi nomor 1... thanks sob.. :)

formula-math mengatakan...

pengen dapat visitor melimpah...pas artikelnya buat ane

Lokgrek mengatakan...

ini artikel yang saya cari semoga membatu menaikkan visitor saya mas :)

thanks sudah berbagi :)

GatGetLo mengatakan...

Wahhh keren gan artikelnya bermanfaat banget....
Tks gan

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion