Selasa, 04 Juni 2013

Cara Penggunaan Tiket Elektronik Kereta Api

Cara Penggunaan Tiket Elektronik Kereta Api atau kartu Commet Single Trip di e-gate bagi anda yang belum tahu bisa dibaca disini. Karena sebagaimana diketahui saat ini pemberlakuan tiket elektronik kereta api telah di laksanakan meski dalam tahap uji coba yaitu pada jam-jam normal atau jam tidak sibuk yaitu sektiar pukul 09.00 - 16.00 wib.

cara penggunaan kertu commet kereta api
Contoh Kartu Tiket Elektronik Kereta Api (KRL)
Cara pakai tiket elektronik KRL sebenarnya tidak terlalu rumit namun bagi anda yang belum terbiasa akan terasa canggung saat menggunakan kartu commet single trip tersebut di e gate atau gerbang elektronik. Biasanya kesalahan yang cukup sering terjadi adalah saat taping. Biasanya karena terburu-buru atau masalah lainnya, karenanya perhatikan langkah-langkah penggunaan Tiket Elektronik Kereta Api yaitu sebagai berikut :
E gate (Gerbang Pintu otomatis) tempat menempel kartu ( tapping in gate)

Membeli Tiket Elektronik
Tempat membeli Kartu Tiket Elektronik bisa dilakukan di 6 stasiun yang menjual tiket elekronik dan mengoperasikan gerbang elektronik. Karena masih dalam tahap ujicoba maka sementara hanya ke enam stasiun tersebut yang menyediakan kartu tiket elektronik untuk sementara. Enam stasiun itu antaralain Stasiun Duri, Stasiun Pesing, Stasiun Bojong Indah, Stasiun Rawabuaya, Stasiun Kalideres, Stasiun Poris, Stasiun Batuceper. Tarif Tiket Elektronik tersebut cukup murah sebagai contoh Stasiun Duri-Tangerang Rp 7.500 per orang.

Proses Tapping Kartu 
Di Gerbang Elektronik ada petugas-petugas yang telah dipersiapkan untuk memandu atau mengawal proses penggunaan kartu otomatis kereta api tersebut. Pertama silahkan anda tunjukan kartu tersebut kepada petugas, berikutnya silahkan tempelkan kartu ke mesin pintu otomatis ( Tapping in Gate) sebelum anda masuk. Tunggu lampu hijau menyala dan dorong tripod gate, jika lampu hijau sudah menyala berarti sudah boleh masuk ke dalam peron stasiun.
E gate ( Gerbang pintu Keluar otomatis)

Gerbang Keluar 
Setelah sampai di stasiun tujuan anda pelanggan tiket elektronik akan melalui pintu khusus e-gate seperti saat hendak menaiki kereta, bedanya pelanggan KRL harus memasukan tiket elektronik ke lubang khusus di gerbang otomatis tersebut. Jika sudah dimasukan, maka pintu secara otomatis terbuka. Karenanya sebaiknya anda pengguna Tiket Elektronik harus menyimpan baik-baik kartu tiket tersebut.

Manfaat Penggunaan Tiket Elektronik Kereta Api ( KRL) diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Diharapkan dapat menjadikan penumpang lebih tertib
2. Mengurangi penggunaan kertas (karcis)
3. Penggunan tiket elektronik juga mengurangi masalah sampah yang ditimbulkan oleh penggunaan karcis
4. Mengurangi kegiatan pencaloan

Sumber dan foto : tempo.co dan detik.com

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Selasa, Juni 04, 2013

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion