Jumat, 28 Juni 2013

Hemoglobin Babi dalam Filter Rokok

Penggunaan Hemoglobin Babi dalam Filter Rokok diungkapkan oleh Ketua Komisi Nasional Pengendalian Tembakau (Komnas PT) DR Hakim Sarimuda Pohan Saat menjadi pembicara dalam dialog Bahaya Merokok Bagi Kehidupan Berbangsa di Balaikota Banjarmasin ( Rabu, 26/6). Sebagaimana dilansir dari kalsel.antaranews.com, Profesor Kesehatan Masyarakat dari Universitas Sidney Australia, Simon Chapman memperingatkan kelompok agama tertentu terkait dugaan adanya penggunaan darah babi atau tepatnya hemoglobin darah babi untuk bahan pembuatan filter rokok.
Hemoglobin Babi dalam filter rokok
Penggunaan Hemoglobin Babi dalam Filter Rokok

Sebagaimana diketahui saat ini Indonesia belum memproduksi filter rokok, jadi produksi rokok rata-rata menggunakan filter impor. Di Belanda, setidaknya ada 185 produsen rokok yang menggunakan hemoglobin babi sebagai bahan pembuatan filter rokok berdasarkan penelitian Christien Meinderstma.

Penggunaan hemoglobin babi dalam filter rokok tersebut dimaksudkan untuk memblok racun kimia sebelum masuk ke paru-paru perokok. Karena itulah Hakim menghimbau untuk umat muslim agar menjauhi rokok. Sampai dengan hari ini upaya untuk menekan meningkatnya jumlah perokok sepertinya masih belum berhasil,  termasuk upaya  MUI yang telah  mengeluarkan fatwa larangan merokok.

Sumber : http://kalsel.antaranews.com/berita/11909/filter-rokok-mengandung-darah-babi
editor : mj

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Jumat, Juni 28, 2013

1 komentar:

Adi Juna mengatakan...

umpat sher za

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion