Minggu, 16 Juni 2013

Perkiraan Awal Puasa Ramadhan 2013


Perkiraaan Awal Puasa Bulan Ramadhan tahun 2013 
Tidak terasa Bulan Ramadhan sudah di depan mata, saat ini kita sudah memasuki bulan Sya'ban. Bahkan beberapa aktifitas atau kebiasaan menyambut bulan suci tersebut sudah mulai terasa, seperti banyaknya penjual petasan dan kembang api (meski bukan kebiasaan positif), di beberapa daerah warga juga melakukan kegiatan bersih-bersih dan merapikan musholla dan mesjid, bahkan di beberapa pedesaan masih ada tradisi menyiapkan obor di sepanjang jalan untuk menerangi jalan menuju ke surau atau mesjid.
hari pertama puasa pertama ramadhan 2013 NU
Awal Puasa Ramadhan 2013

Perkiraan untuk awal ramadhan 2013 (1434H) bagi Indonesia, kemungkinan besar kembali ditandai dengan perbedaan klasik antara Muhammadiyah dan Pemerintah (jika masing-masing pihak belum merubah paradigmanya). Bulan baru terjadi 14:15 WIB siang tanggal 8 Juli. Terlalu muda untuk dirukyat sore harinya. Ketika matahari tenggelam pukul 17:51 WIB, ketinggian hilal hanya 0.4° di Jakarta.  Bagi Muhammadiyah, ini sudah memenuhi kriteria wujudul hilalnya. Sedangkan bagi pemerintah yang sementara ini bersikeras imkanur rukyat di atas 2° , tidak bakal mensahkan pihak-pihak yang mengklaim berhasil melihat hilal pada tanggal 8 Juli dalam sidang itsbat. Oleh sebab itu, 99% Muhammadiyah akan berbeda memulai 1 Ramadhan dengan pemerintah. Muhammadiyah pasti akan memulai puasa tanggal 9 Juli 2013 (mulai taraweh tanggal 8 Juli), sedangkan pemerintah 99% akan memutuskan puasa tanggal 10 Juli 2013 (taraweh tanggal 9 Juli)

Bagaimana dengan Syawal?
Pemerintah dan Muhammadiyah akan bersama-sama menentukan 1 Syawal 1434H pada tanggal 8 Agustus 2013. Ini disebabkan bulan baru terjadi di waktu subuh (jam 4:51 WIB) tanggal 7 Agustus. Sebenarnya tinggi bulan tanggal 7 Agustus, secara astronomi, masih sangat rendah diintip sore hari: 3.5°. Tetapi karena pressure tanggal merah dan semangat merayakan bersama serta adanya ormas2 yang bermata bionik yang akan ngotot hilal terlihat di ketinggian 3.5° (ketinggian di Jakarta) membuat keputusan itsbat sepertinya mengamini merayakan tanggal 8 Agustus (puasa 29 hari).
Kesimpulan: Muhammadiyah akan berpuasa penuh 30 hari pada Ramadhan 2013, sementara yang ikut pemerintah RI akan berpuasa 29 hari.

Meski hal tersebut bukanlah sesuatu yang perlu diperdebatkan mungkin alangkah baiknya jika pemerintah dan para tokoh muhammadiyah bisa duduk satu meja untuk mencari jalan keluar, karena bagaimanapun kedua golongan tersebut sama-sama berada dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Sumber : Tikitakablog
Editor : Muhammad Jumani

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Minggu, Juni 16, 2013

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion