Selasa, 11 Juni 2013

Tips Saat Mengikuti Seminar

Saat menghadiri undangan sosialisasi Pemilu Legeslatif Bagi ORMAS dan LSM, yang diadakan oleh Kesbangpol Provinsi Kalimantan Selatan ada beberapa hal yang akhirnya membuat saya menyimpulkan hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat mengikuti seminar ataupun acara-acara yang sifatnya perlu suasana kondusif, aman dan nyaman.
Sosialisasi Pemilu Legeslatif Bagi ORMAS dan LSM

Dalam acara yang dihadiri oleh perwakilan berbagai Ormas dan LSM tersebut ada beberapa tindakan oleh peserta sosialisasi yang kurang pantas seperti berbicara melalui telpon dengan suara keras yang jelas mengganggu peserta lain, memotong atau menimpali materi yang disampaikan nara sumber bukan pada waktu diskusi, bahkan mengobrol dengan peserta lain dengan nada suara yang cukup nyaring. Hal-hal semacam tersebut tentunya selain dapat menganggu peserta lain dalam menyimak materi tentu saja dapat menyinggung perasaan nara sumber yang sedang menyampaikan materi sosialisasi. Entah maksud ingin mencari perhatian atau yang lainnya yang jelas perbuatan mereka telah merendahkan harga dirinya sendiri,  dan juga akan membuat  nama institusi dari ormas dan LSM yang mereka wakili turut mendapatkan "images" yang kurang baik.

Karenanya, ketika ingin mengikuti seminar baik bersifat pribadi ataupun mewakili institusi tertentu hendaknya memperhatikan asas dan ketentuan norma yang berlaku agar tidak mengganggu jalannya seminar.

Tips saat anda mengikuti seminar, sosialisasi, undangan debat, ataupun pertemuan lainnya.
1. Datang lebih awal, tidak ada salahnya datang lebih awal 5-10 menit tiba sebelum acara dimulai tidak hanya dapat membuat acara bisa berjalan lancar tetapi juga keuntungan lainnya.
2. Mematikan atau mensilent kan hp, dalam kegiatan yang bersifat formal tentu akan sangat menganggu ketika narasumber atau pemateri menyampaikan materi ada bunyi-bunyian seperti bunyi handphone baik panggilan masuk ataupun nada pesan sms.
3. Menyiapkan alat tulis dan buku saku, meski biasanya pada acara-acara seminar akan mendapatkan kit yang berisi note block dan alat tulis, namun tidak ada salahnya anda membawa sendiri, karena jika kebetulan tidak ada kit anda tetap bisa menyimak dan mencatat hal-hal penting yang mungkin anda dapat pada seminar tersebut.
4. Tidak memotong pembicaraan nara sumber sebelum sesi diskusi, memotong pembicaraan adalah hal yang kurang sopan terlebih yang dipotong adalah pembicaraan nara sumber ketika menyampaikan materi tentu sangat tidak pantas, kecuali hal-hal tertentu yang sangat darurat.
5. Tidak bersuara nyaring atau membuat kegaduhan, hal ini tentu sangat dihindari karena akan membuat anda  malu (jika punya malu). Karena selain mengganggu peserta lain, sikap anda dapat membuat narasumber merasa tidak dihargai. Bisa anda bayangkan jika hal tersebut terjadi, sedangkan pembicaranya adalah anda.

Mudahan-mudahan bermanfaat... Sikap kita adalah cerminan kepribadian kita.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Selasa, Juni 11, 2013

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion