Jumat, 19 Juli 2013

Bimbel vs Les Privat

Perbandingan Bimbel (Bimbingan Belajar) vs Les Privat, manakah yang lebih baik ?
Hari pertama masuk sekolah sudah dimulai, ada yang memasuki sekolah baru ataupun kelas baru. Dengan tahapan yang lebih sulit terutama bagi anak yang memasuki jenjang sekolah yang lebih tinggi dari SD ke SMP ataupun SMP ke SMA. Maka mata pelajaran pun semakin sulit terutama untuk mata pelajaran matematika, dan tak heran banyak orang tua yang memberikan anaknya belajar tambahan mulai dari ikut bimbel sampai memberikan les private untuk anakya.
bagus mana antara bimbel dan les privat
Ilustrasi suasana Bimbel (bimbingan belajar) foto bimbel-imsmart.com

Anak Anda dapat mengikuti les private, atau bimbingan belajar ( bimbel ) yang diadakan lembaga bimbingan belajar. Tetapi manakah yang lebih baik di antara les private atau ikut bimbingan belajar? Mari kita bahas bersama-sama

Mengikuti Les Private
Les Private selalu di adakan atau berlangsung di rumah, dengan sistem guru les yang dipanggil ke rumah. Sesuai dengan nama “private” kegiatan ini berlangsung antara guru dan satu murid saja. Karena hanya satu murid saja anak akan mendapatkan pelajaran yang lebih rinci dan jelas dikarenaka guru private mempunyai waktu untuk menerangkan lebih banyak.

Les private cocok untuk anak yang menyukai belajar dengan suasana tenang dan tidak berisik agar belajar lebih berkonsentrasi. Dan les private lebih cocok untuk anak yang agak malu bertanya di dalam kelas. Karena dengan les private anak dapat bertanya sepuas-puasnya. Karena bersifat private maka les private relatif lebih mahal dari ikut bimbel.

Memilih Bimbel
Rata-rata bimbel di adakan diluar rumah atau ada tempat khusus untuk bimbel walaupun ada bimbel yang diadakan di rumah. Perbedaan bimbel dengan les privat adalah dalam segi jumlah, bimbel pesertanya pasti lebih dari satu. 

Bimbingan belajar sebetulnya lebih mengasikan untuk anak Anda karena anak Anda akan mendapatkan banyak teman darisana. Bimbel dapat di artikal sebagai “ taman bermain yang positif ” dimana banyak orang tua yang sibuk dan tidak dapat mengawasi anaknya belajar dan bermain maka sebagian orang tua menganggap bimbel adalah “Taman Pintar” bagi putra-putrinya. Keakraban dengan sesama peserta membuat suasana belajar lebih nyaman. 

Karena bimbingan belajar ini di luar jam pelajaran biasa, suasananya lebih santai, maka pelajaran pun biasanya lebih mudah dicerna. Dengan mengikuti bimbel ada keuntungan sendiri bagi anak yang sebentar lagi mengahapi UAN. Karena di bimbingan belajar akan mengulang semua pelajaran dan anak pun diajak mengerjakan soal-soal ujian tahun-tahun sebelumnya. 

Jadi mana yang lebih bagus apakah Les Privat atau Bimbel, semua balik lagi ke orang tua masing-masing, apakah anak lebih cocok mengikuti bimbel atau perlu les privat karena anak Anda merupakan anak pemalu dan harus lebih mendapatkan pelajaran lebih.

Artikel Kiriman : Erwin Datamaya


ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Jumat, Juli 19, 2013

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion