Sabtu, 20 Juli 2013

Susah Senang Buka Puasa Bersama Alumni

Buka Puasa Bersama Alumni adalah salah satu agenda yang biasa dilaksanakan ketika memasuki bulan Ramadhan, ada berbagai pertimbangan alasan kenapa bulan Ramadhan dianggap opsi yang cukup bagus antara lain :
mempersiapkan buka puasa bersama alumni
Buka Bersama Alumni

1. Pada bulan Ramadhan umumnya sekolah di liburkan, sehingga untuk yang berprofesi sebagai guru bisa kembali ke kampung halaman, dan bagi yang sudah berkeluarga bisa turut serta mengajak keluarga (anak-anak) karena tidak bersekolah
2. Pada bulan Ramadhan biasanya adalah jadwal mudik bagi sebagian mereka yang bekerja di luar kota atau diluar provinsi bahkan mungkin yang bekerja di luar negeri
3. Bulan Ramadhan datang 1 tahun sekali sehingga bisa dijadikan momentum sebagai kegiatan untuk mempererat  hubungan silaturrahim.
4. Sebagai sarana berkumpul untuk saling maaf-memaafkan karena mungkin pada saat hari raya Idul Fitri mereka tidak sempat berkunjung.

buka bersama angkatan 05 biologi fkip unlam
Buka Puasa Bersama Alumni Unlam

Meski kegiatan buka puasa bersama alumni yang biasa disebut "bukber" adalah kegiatan yang menyenangkan karena bisa bersua dan bertegur sapa namun persiapan untuk menyelenggarakan acara yang terlihat sederhana tersebut sebenarnya tidaklah mudah. Bukber alumni jauh lebih susah dibanding bukber antar teman kantor, siswa sekolah, atau antar mahasiswa, karena Alumnus khususnya perguruan tinggi umumnya telah memiliki aktifitas sendiri yang terkadang cukup padat, baik mengenai pekerjaan, keluarga, atau terkendala jarak.
menjalin silaturrahim dengan buka bersama
Dokumentasi bukber Alumni dari tahun ke tahun

jalin silaturrahim melalui bukber
Mempererat silaturrahim

Oleh karenanya, ajang Buka Puasa Bersama Alumi yang berhasil diselenggarakan hendaknya benar-benar dimanfaatkan untuk berbagi kegembiraan, mengenang cerita bahagia di masa lalu dan menjadi moment untuk memaafkan kesalahan-kesalahan di masa lampau. Sehingga kurang etis rasanya kalau usaha dengan susah payah tersebut hanya di isi dengan ngerumpi, atau ngobrol tentang masa sekarang dan masa depan yang mungkin justru akan menambah salah khilaf, dan membuat kegiatan serupa di tahun berikutnya akan menjadi semakin sepi.

Tidak bisa dipungkiri dorongan terkuat mereka yang menghadiri acara Bukber alumni adalah rasa persahabatan dan nostalgia masa lalu, ketika nostalgia itu mulai sirna maka semakin lemah pula keinginannya untuk hadir. (mj)

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Sabtu, Juli 20, 2013

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion