Sabtu, 02 November 2013

Wisata Bukit Batu Katingan Kalimantan Tengah

Salah satu di antara banyak tempat rekreasi di Provinsi Kalimantan Tengah salah satunya yang bisa anda kunjungi adalah Tempat Wisata Bukit Batu di Kabupaten Katingan. Kawasan wisata yang  unik ini, tidak hanya bisa menjadi tempat melepas penat sementara bagi pengendara yang melintas tetapi juga dapat me-refresh dan membuang rasa jenuh anda.
Salah Satu Lokasi Keramat di Taman Wisata Bukit Batu

Kawasan yang berlokasi sekitar 70 kilometer dari Ibu Kota Palangka Raya ini termasuk salah satu tempat wisata alam yang kental dengan nuansa magis. Bukit Batu, sebagaimana nama tempat ini adalah kawasan berupa bukit kecil yang banyak dijumpai batu-batu besar dengan beragam bentuk. Menurut cerita, di sinilah tempat Tjilik Riwut bertapa. Selain batu tempat pertapaan Tjilik Riwut, masih ada beberapa batu lain yang juga di percayai memiliki unsur magis yang sering menjadi tempat berdoa (meminta hajat) bagi masyarkat sekitar sesuai dengan keinginan. 

Batu Dengan Bentuk Menyerupai Telapak Tangan dan jari-jari 

Beberapa tempat yang di percaya memiliki tuah atau keramat yang ada di tempat wisata Bukit Batu tersebut antara lain :
Batu Kamiak, tempat burung kamiak/tambul anak bertengger untuk menjaga alam sekitarnya.
Batu Tingkes, tempat orang yang ingin mengetahui nasib dan kehidupannya apabila dapat masuk dan keluar Batu Tingkes maka kehidupannya akan bahagia dan sebaliknya bila gagal maka hidupnya akan menderita.
Batu Gaib, tempat roh halus yang suka menolong manusia sewaktu kesusahan.
Batu Dewa, tempat roh khayangan, apabila berjodoh maka orang tersebut dapat menjadi paranormal.
Batu Keramat, mempunyai hubungan dengan riwayat kehidupan Tjilik Riwut.
Batu Raja, mempunyai nilai yang paling istimewa, apabila seseorang pemimpin mendapatkan batu ini ia akan bersifat adil dan bijaksana.
Batu Darung Bawan, orang yang gagah berani dalam membela kebenaran setingkat dengan Bandar Rambang. Mereka orang gaib sebagai penghuni Bukit Batu Manuah.
Batu Sial, tempat orang membuang sial.
Wisata Alam Bukit Batu, Kalimantan Tengah

Secara umum, menurut pengamatan saya sewaktu berkunjung kesana, tempat wisata tersebut cukup nyaman. Fasilitas seperti Toilet umum kondisinya masih cukup baik. Di beberapa sudut tempat-tempat sampah sudah di tempatkan sehingga tidak perlu repot jika ingin membuang sampah. Ketersediaan tempat parkir yang luas dan cukup teratur juga menjadi nilai plus bagi tempat wisata ini. Sayangnya sebagian batu-batu tersebut berkurang \keindahannya akibat segelintir orang yang melakukan vandalisme. Coret-coretan tersebut sangat merusak pemandangan.

Untuk memasuki Kawasan Wisata Bukit Batu, setiap pengjung akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 2000,- rupiah per orang (dewasa) sedangkan untuk parkir sepeda motor dikenakan biaya Rp 1000,- per buah. Untuk anda yang haus, di sekitar pintu masuk taman wisata juga telah terdapat beberapa mini kios penjual beraneka jajanan dan minuman dingin, dan buah kelapa muda yang menyegarkan.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Sabtu, November 02, 2013

3 komentar:

andri mengatakan...

nice blog brooo

Vensus mengatakan...

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai berbagai daerah di indonesia . Inilah cara yang baik untuk mempromosikan daerah - daerah yang ada di negara ini.
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai explore indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

My Explorer mengatakan...

ngeri dong kalau masih bernuansa magic

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion