Jumat, 21 Maret 2014

Tips Mengikuti Tes CPNS 2014

Tips mengikuti CPNS 2014 berdasarkan pengalaman pribadi saya, bukan bermaksud untuk pamer atau sombong tetapi sekedar berbagi syukur-syukur jika bisa bermanfaat untuk anda yang akan mencoba peruntungan mengikuti tes CPNS 2014 tahun ini. Banyak beredar kabar penerimaan tes cpns 2014 ini akan di laksanakan menggunakan sistem CAT walaupun saya optimis tes menggunakan sistem LJK akan tetap di laksanakan mengingat persiapan untuk penggunaan sistem CAT secara keseluruhan saya nilai belum siap. Belum lagi wacana bahwa penerimaan pendaftaran CPNS 2014 akan memberlakukan sistem tertutup artinya hanya berlaku untuk putera daerah. Tentunya saya juga tetap optimis untuk 2014 sepertinya itu belum diterapkan, tetapi bisa jadi untuk tahun-tahun selanjutnya  di 2015, 2016 dan seterusnya.
hal hal yang harus diperhatikan saat mengikuti tes cpns
Tips Mengikuti Tes CPNS 2014

Kembali ke Kiat-kiat mengikuti tes CPNS 2014 berdasarkan pengalaman saya mengikuti tes CPNS 2013 lalu adalah sebagai berikut :

1. Persiapan materi
Ada sebuah pepatah " Keberuntungan adalah ketika kesempatan bertemu dengan kesiapan", Anda tentu paham maksudnya. Kesempatan sudah ada, sekarang tinggal bagaimana kita mempersiapkan diri. Sebenarnya kita lah yang lebih tau cara terbaik dalam mempersiapkan diri, karena tidak ada yang mengenal kita lebih baik selain diri sendiri. Sebagai contoh, Saya lebih suka belajar mendekati hari H dengan mengulang-ulang soal latihan bersama kawan. Ada banyak soal yang bisa anda dapat berupa buku atau file yang bisa di beli atau download gratis. Soal-soal tersebut bisa anda pelajari sendiri atau bersama kawan, kalau anda sepemikiran dengan saya maka sebaiknya bentuklah tim kecil untuk bermain "kuis" dengan materi kisi-kisi soal ujian CPNS. 

Pada tes cpns 2013 lalu kami mengaplikasikan itu bersama 3 orang teman, kami menjawab beberapa file latihan soal-soal cpns sistem CAT sembari mengingat-ingat jawaban serta penjelasannya, dan mencari cara menyelesaikannya untuk soal hitungan. Dengan cara ini dari bertiga, dua orang alhamdulillah 2 lulus CPNS 2013. 

2. Persiapan mental/spiritual
Jangan pernah meremehkan kekuatan doa, jika anda adalah seseorang yang memiliki keyakinan/agama tentu percaya bahwa rejeki itu sudah di atur oleh Allah (saya : muslim). Karenanya jangan pernah lelah berdoa mohon di mudahkan dalam menjawab dan mengikuti tes CPNS 2014. Mintalah restu orang tua jika masih ada agar beliau juga mendoakan kita. Rajin-rajinlah bersedekah dengan ikhlas, semampu anda meski sekedar Rp.500,- kepada pengemis, mesjid, anak yatim dsb. Perbanyaklah ibadah, karena selain dapat mendekatkan diri ke yang maha kuasa, ibadah juga dapat membuat hati kita tentram.

3. Persiapan fisik
Menjaga kesehatan anda agar tetap bugar pada saat mengikut tes adalah salah satu kunci keberhasilan. Percaya atau tidak, segala persiapan anda akan menjadi buyar tatkala keadaan anda tidak fit ketika menjawab soal-soal tes. Konsentrasi dan taktik/teknik cukup menentukan keberhasilan anda, selalu ingat "Cepat dan Tepat", rata-rata peserta hanya disedikan waktu 30 detik/soal. Manajemen waktu harus benar-benar di atur sedimikian rupa. Salah satu penyebab kegagalan banyak peserta pada tahun sebelumnya adalah terlalu asik dengan soal kompetensi dasar yang mudah padahal passing grade berlaku untuk masing-masing kompetensi dasar. Nilai tinggi tetapi salah satu kompetensi dasar tidak memenuhi passing grade sama dengan percuma. Hal yang pertama harus di ingat adalah anda harus lulus passing grade untuk semua kompetensi dasar, selanjutnya adalah berusaha untuk mendapatkan nilai tertinggi, karena keterbatasan formasi penjaringan umumnya menggunakan sistem rangking.

4. Niat
Faktor inilah yang mengawali semuanya. Ada beragam alasan yang mendasari orang ikut tes CPNS, saya sendiri lebih kuat karena alasan keluarga, orang tua berharap saya menjadi PNS meski di lubuk hati tidak begitu tertarik. Namun niat untuk membahagiakan keluarga khususnya orang tua inilah yang akhirnya mengantarkan saya pada takdir. Insya Allah.

Oh ya tips terakhir, kenali potensi dan daya saing anda. Jika anda memang bersungguh-sungguh ingin menjadi PNS, jangan biarkan jarak dan tempat menghalangi impian anda. Di daerah ada banyak formasi kosong yang tidak terisi, peluang yang lebih besar bagi anda yang benar-benar memang tulus mengabdi. 

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Jumat, Maret 21, 2014

1 komentar:

CPNS 2014 mengatakan...

Terimakasih Tipsnya ya, sangat bermanfaat :)

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion