Kamis, 05 Juni 2014

Rumah Baca Untuk Anak di Pedalaman

Pagi itu hujan deras yang mengguyur desa sejak pukul 03.00 WIB dini hari tak jua berhenti padahal waktu sudah menunjukan pukul 08.30 WIB, dari teras tampak seorang anak dengan tas ransel berjalan kaki terlihat basah kuyup sambil menenteng sebuah kresek berisi sepatu. Rupanya dia adalah Supri, salah satu murid SMA di sebuah desa di pedalaman Kalimantan Tengah. Karena penasaran saya memintanya mampir sebentar dan terjadilah dialog singkat sebagai berikut :
Rumah Baca Untuk Anak Di Pedalaman

Saya  : "Mau kemana Sup?"
Supri : "Mau ke sekolah Pak" 
Saya  : "Emangnya murid lain hadir?",
Supri : "Entahlah Pak, saya liat dulu jika memang tidak ada kegiatan belajar mengajar saya akan pulang", lantas ia pun pamit untuk melanjutkan perjalanan.

Supri hanyalah salah satu contoh diantara siswa-siswi yang harus mengalami hal diatas, meski tidak harus menyebrangi "jembatan maut", namun semangat untuk menuntut ilmunya harus kita acungi jempol. Jika di kota-kota, hujan kerap dijadikan alasan untuk tidak masuk sekolah, maka Supri cs dengan semangatnya rela menggigil berjalan tanpa alas kaki di jalan desa yang becek dan licin hanya untuk memastikan apakah akan ada ilmu yang dapat Ia terima hari itu. 

Saat itu saya benar-benar tersentuh, andai saja ada perpustakaan setidaknya anak itu tidak akan pulang dengan kecewa. Karena meski tidak ada guru, mereka tetap dapat menimba ilmu melalui membaca. Sungguh disesalkan tak banyak yang dapat diharapkan dari sebuah sekolah di tempat terpencil, jangankan perpustakaan, ruangannya saja belum ada. Karenanya terbesit di benak saya untuk mendirikan "Rumah Baca" bersama kawan-kawan, Rumah yang akan menjadi sumber ilmu bagi mereka-mereka yang haus akan ilmu pengetahuan. 

Sayangnya "Rumah Baca Untuk Anak Di Pedalaman" ini tidak akan pernah terwujud tanpa bantuan anda para dermawan dan relawan. Kami memerlukan bantuan dan dukungan anda untuk mengumpulkan buku-buku pelajaran sekolah (saat ini saya fokuskan untuk SMP dan SMA) bekas layak pakai, namun tidak menutup sumbangan untuk buku-buku baru

Bagaimana Jika Ingin Menyumbang ?
Bagi warga Banjarmasin dan Sekitarnya, Kami siap sistem "jemput bola", mengambil sendiri buku-buku yang akan disumbangkan. Untuk luar daerah paket bisa di alamatkan ke Sekretariat Rumah Amal Kita di Jl. Sultan Adam Komp. Pondok Kelapa 1 RT 13 No. 11 Kelurahan Sungai Miai - Banjarmasin 70123
Menyumbang Buku Pelajaran
Beberapa Buku Sumbangan dari Masyarakat
Bolehkah Donasi Dalam Bentuk Uang ?
Bagaimanapun dalam prosesnya, mendirikan Rumah Baca memerlukan biaya karenanya Kami sangat berterimakasih kepada anda yang ikhlas menyisihkan sebagian penghasilan dalam mendukung suksesnya Pembangunan Rumah Baca ini. Donasi dalam Bentuk Uang bisa di salurkan melalui Rekening Rumah Amal Kita, Bank Syariah Mandiri No Rekening 7045444117 (Kode bank Syariah Mandiri 451 untuk transfer ATM bersama atau beda Bank).

Kontak Person
Untuk Informasi lebih detail serta konfirmasi donasi bisa menghubungi 
082255313036 (Muhammad Jumani)
0511 7425142 (Amalia Rezeki) 

Mohon Bantuan Share dan Informasikan ke keluarga, teman, kerabat dan tetangga anda, cek lemari anda barang kali ada buku-buku pelajaran yang sudah tidak terpakai dan bingung mau dikemakan dan mau disumbangkan. Semoga apa yang telah telah kita lakukan mendapat berkah dan diganjar pahala yang berlipat ganda oleh Allah SWT, Aamiin.

"Barang siapa yang mengajak pada suatu kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana pelakunya - H.R Muslim"

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Kamis, Juni 05, 2014

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion