Minggu, 15 Juni 2014

Serunya Belajar Mata Diklat Dinamika Kelompok

Mengikuti Diklat Prajabatan Golongan III angkatan III di Badan Diklat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2014, memberikan banyak pengalaman serta wawasan baru bagi saya. Wawasan dan pengetahuan tersebut tidak hanya dapat di peroleh dari Widyaiswara tetapi juga dari peserta diklat yang lain, sebab dengan diadakannya "pendidikan dan latihan" ini kita akan mengenal lebih banyak orang baik seprofesi ataupun tidak yang memungkinkan pertukaran wawasan atau berbagi informasi. 

Kelompok Diskusi mata diklat "Dinamika Kelompok"
Delima cs
Meski berlatar belakang sebagai tenaga pendidik, sistem pembelajaran menggunakan model proses pembelajaran Andragogi terus terang jarang saya ikuti terlebih untuk diterapkan dalam proses KBM ketika mengajar. Karenanya ketika Bapak Fransiskus Handoko, M.Sc, widyaiswara Badan Diklat Provinsi Kalimantan Tengah menerapkan model proses pembelajaran ini dalam menyampaikan mata diklat Dinamika Kelompok sangat membuka dan memperkaya wawasan para peserta diklat, tak terkecuali saya.

Kelompok diskusi Terresa cs

"Learning is most effective when it's fun" yang di dukung oleh metode diskusi kelompok, bermain peran dan simulasi bagi saya telah menciptakan proses pembelajaran yang luar biasa, bahkan saya meyakini ada kerinduan yang membekas di hati peserta diklat untuk kembali merasakan "atmosfer" kelas seperti ini. 

Kelompok Diskusi Mata Diklat Dinamika Kelompok
Yudha cs
Dalam benak dan bayangan saya, sungguh luar biasa jika model proses pembelajaran seperti ini, diterapkan di sekolah, tentunya dengan beberapa penyesuaian karena model proses pembelajaran "Andragogi",  peserta didik yang terdiri atas orang dewasa, berbeda dengan pedagogi  sebagai seni dan ilmu untuk mengajar anak-anak.
Kelompok Diskusi Mata Diklat Dinamika Kelompok
Yepri cs
Terimakasih kepada Widyaiswara Provinsi Kalteng, yang telah membuka wawasan peserta diklat, terimakasih kepada Bapak DR Kondrad Sawang, Drs, M.Pd, Bapak Fransiskus Handoko, M.Sc, dan tentunya Widyaiswara yang lain, saya yakin dan berharap masih akan ada banyak wawasan dan pengalaman baru yang akan kami dapat di hari-hari tersisa dalam Diklat Prajabatan terakhir dengan sistem pola lama ini. Wassalam.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Minggu, Juni 15, 2014

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion