Minggu, 29 Maret 2015

Manfaat Daun Sepat Atau Mahang Damar

Dalam beberapa pekan terakhir, popularitas pohon Mahang Damar atau Macaranga triloba (Bl.)Muell Arg mendadak meroket khususnya bagi warga Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Taman yang lebih banyak tumbuh liar ini kini diperebutkan oleh warga lantaran daunnya bernilai ekonomis. Daun Mahang Damar atau oleh warga setempat disebut daun sapat (daun sepat) dikumpulkan untuk dijual kepada pengumpul. Di pengepul daun sapat ini dihargai Rp 2.500,- perkilogram (daun basah) namun jika dijual dalam keadaan kering dihargai Rp 9.000,- perkilogramnya.
Harga daun sepat
Daun Sepat (Mahang Damar)
Berdasarkan buku karangan Sastrapradja, Setijati Et Al. (Mahang Damar Macaranga Triloba (Bl.)Muell Arg), Mahang damar atau Tanaman Daun Sepat ini umumnya tumbuh di hutan belukar tua, daerah padang terbuka dan hutan primer yang dibuka. Penyebarluasannya terbatas di dataran rendah atau tempat yang berbukit dengan ketinggian sekitar 100 m dpl. Pohon Mahang Damar berukuran sedang, tingginya dapat mencapai 35 m. Batang bebas cabangnya dapat sampai 25 m.Batangnya bulat,halus dan berwarna agakabu-abu kehijauan. Diameter batang dapat mencapai 70 cm dan kadang-kadang berbanir tetapi kecil. Kayunya ringa dengan BJ. 0,45.Kelas keawetan V dan kelas kekuatanIII.

Manfaat Tumbuhan Daun Sepat atau Mahang Damar ini Kulitnya mengeluarkan gom yang baik untuk industri lem. Kulit yang dicampur dengan daun muda atau kuncup dan buahnya digunakan sebagai obat tradisional. Selain itu batang kayu tumbuhan ini juga digunakan untuk kayu bakar.

Referensi : 
http://kalsel.antaranews.com/berita/25728/daun-sapat-tumpuan-ekonomi-baru-warga-hst
http://elib.pdii.lipi.go.id/katalog/index.php/searchkatalog/byId/214323

Punya Buku Bekas Layak Baca ? Sumbangkan di Taman Baca Baraoi


ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Minggu, Maret 29, 2015

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion