Sabtu, 21 Maret 2015

Tokoh-Tokoh Desainer Dunia

Nama-nama tokoh desain (desainer) dunia yang berjasa dalam dunia seni dan arsitek.

Raymond Loewy
Biografi Desainer dunia
Raymond Loewy
Raymond Loewy, seorang dasainer produk terkenal terkemuka dunia dunia yang dilahirkan di Paris pada tahun 1983, ia kemudian dikenal sebagai perintis profesi desain produk industri. Pada tahun 1909 ia mulai mendesain model pesawat sebagai inspirasi penerbangan perdana Santos-Dumonts. Pada tahun 1919 ia pertama  kali datang ke New York, Amerika dan bekerja sebagai seniman gambar. Pada tahun 1935, Raymond Loewy mulai menetap di Amerika dan merintis kegiatan desain secara profesionaldan interdisiplin. Beberapa karya rancangannya adalah Telepon-Bell Telephone Company, mesin cetak, lemari es-Coldspot, traktor, dan sebagainya. Sejalan dengan program ruang angkasa Amerika, pada tahun 1967 hingga tahun 1972 ia dikontrak oleh NASA untuk mendesain interior pesawat angkasa SKY-Lab.

Walter Dorwin Teague (1883-1960)
Salah seorang desainer produk terkemuka dunia, lahir di Indiana, Amerika, kemudian pindah ke New York pada tahun 1903. Ia menuntut ilmu di Art Student League dan pada tahun 1927 mulai bekerja dalam bidang desain produk industry. Kliennya yang pertama adalah Kodak. Ia juga mendesain kamera Baby Brownie pada tahun 1933 dengan memanfaatkan plastik. Pada tahun 1936  Ia mendesain miniature kamera Bantam special.  Pada kamera tersebut terdapat garis horizontal yang terbuat dari logam dan berfungsi sebagai elemen dekoratif dan mencegah terjadinya pecahnya lapisan permukaan. Karyanya yang lain adalah Ford dan Faviliun US Steel pada pecan raya New York tahun 1939. Selain itu, ia juga  mendesain interior  peswat Boeing 707 pada awal tahun 1950-an. Tahun 1944 ia menjadi presiden pertama American Society of Industrial Designer. Anaknya, walter Dorwin Teague Jr., melanjutkan usaha konsultan setelah ia meninggal.

Frank Lord Wright (1867-1959)
Tokoh desain dunia yang lahir di Richland Center, Wisconsin pada tahun 1867 dan meninggal di Phoenix, Arizona tahun 1959. Pada tahun 1901 dalam ceramahnya yang terkenal di Chicago, menyatakan sikap positif terhadap usaha-usaha mekanisasi dan menolak penghujatan terhadap dunia permesinan yang dianggap merusak etika bentuk. Baginya, mesin adalah alat tak berakal dan hakikatnya bukan merupakan sumber kerusakan di muka bumi. Dengan teknologi permesinan manusia mejadi semakin mudah menyingkap kenyataan alam dan keindahan material. Selanjutnya ia menyatakan, bahwa sebenarnya tidak pernah terjadi kontradiksi antara nilai-nilai kemanusian dengan produksi massa. Kemampuan mesin justru mengurangi beban kerja manusia yang menjenuhkan dan monoton. Pada tahun 1935, Wright membangun Kauffman House yang merupakan karyanya yang banyak di kagumi orang karena dibangun di atas air terjun. Pada tahun 1937, Wright membangun Taliesin West dekat Arizona, tahun 1943 ia mulai membangun Solomon R. Guggenheim Museum di New York, tahun 1957 membangun Marin County Civic Center,  San Rafael di California, dan tahun 1958 membangun Beth Sholom Synagogue, Elkins Park.

Marcel Breuer (1902-1981)
Seorang arsitek dan desainer terkemuka dunia kelahiran hungaria, Ia bekerja di lembaga Bauhaus sejak 1920. Karyanya yang penting dalam bidang mebel adalah eksperimen kursi dengan bahan besi pipa yang pada waktu itu banyak digunakan untuk sepeda dan pesawat terbang. Karyanya tersebut menjadi identitas Modernisme dunia. Pada tahun 1937 ia hijrah ke Inggris dan mengadakan eksperimen mebel dengan bahan plywood. Kemudian, bersama Gropius, mendesain beberapa mebel yang menjadi karya penting dalam perkembangan desain modern dunia. 


Henry Dreyfuss (1904-1972) 
Adalah seorang desainer dan perintis desain modern Amerika. Pada tahun 1927 ia bekerjasama dengan Norman Bel Geddes. Pada tahun 1936 ia mendesain lokomotif untuk New York  dan mendesain pesawat telepon masa depan di Bell Telephone Company dengan pendekatan ergonomis. Namun begitu, Ia menekankan pentingnya kerjasama dengan para  insinyur untuk memulai kulit luarnya, tetapi perlu kajian mendalam secara keseluruhan. Pada tahun 1959 Henry Dreyfuss juga dikenal sebagai tokoh yang membuat standarisasi antropometri “The Measure of Man: Human Factors in Design”, khususnya bagi peralatan militer. Pada tahun 70-an gagasan Dreyfuss tersebut dikembangkan untuk penggunaan yang lebih luas dan ia kemudian menciptakan skalametrik antropometri dan ergonomic untuk berbagai persentil manusia yang dinilai sistematis, akurat dan dijadikan standar di berbagai industry manufaktur.

Norman Bel Geddes (1893-1958)
Ia dikenal sebagai salah seorang desainer terkemuka dunia. Norman menuntut ilmu di Art Institute of Chicago. Selama awal tahun 1920-an  ia mendesain teater dan etalase took di New York. Pada tahun 1927 ia mulai bekerja sebagai desainer produk industri. Gagasannya yang ditandai dengan hal-hal bersifat khayalan dan futuristic banyak yang di produksi, termasuk prototype untuk bus, lokomotif dan pesawat terbang (Super Airlines 4, tahun 1929). Kemudian pavilion/anjungan General Motors pada pekan raya New York merupkan hasil karyanya juga. Norman sangat berpengaruh dalam memperkenalkan gaya Streamlining  sehingga diterbitkan menjadi buku yang berjudul “Horizon” di tahun 1932. Pada  Tahun 1940, menerbitkan Magic Motorways yang bersumber dari Paviliun/anjungan General Motors. Kedua buku tersebut diakui sebagai gagasan yang mempengaruhi pengembangan desain di Amerika.

Ludwig Mies van der Rohe (1886-1969)
Tokoh desainer modern dunia terkemuka yang pertama kali bekerja sebagai guru gambar di beberapa biro arsitektur pada tahun 1902-1905. Kemudian Ia pindah ke Berlin dan bekerja di kantor Bruno Paul sebelum bergabung dengan Peter Behren pada tahun 1908 sampai tahun 1911. Ia menjadi anggota Deutcshe Werkbund sejak tahun 1921, November gruppe (November Group) sejak tahun 1922, dan menjadi direktur Bauhause di Dessau pada tahun 1930 sampai pada tahun 1933. Banyak karya  arsitekturnya di Jerman yang memiliki konsep dan eksperimen alami. Contohnya, struktur baja dan kaca yang menjulang tinggi selama tahun 1938. Ia dikenal dengan prinsip desain Less is more. Di Amerika ia menjadi ketua jurusan Arsitektur Illinois Institute of Technology, Chicago. Kemudian ia memulai mendesain mebel untuk melengkapi rumahny. Kursi Barcelona hasil karyanya pada tahun 1929 banyak terjual dan menjadi symbol desain modern. Di samping nyaman dipakai, kursi tersebut ringan dan didesain untuk produksi massa. 

Ettore Sottsas
Arsitek  dan desainer kelahiran Austria tahun 1917. Ia salah seorang desainer terpenting di abad ke-20. Setelah menghabiskan masa kecilnya di Trento, ia pindah ke Turindan mempelajari arsitektur di sebuah politeknik yang ada disana pada tahun 1934. Sebagai seorang tentara , selama perang dunia II ia Tinggal di Mentenegro. Masa kecilnya yang berada di pedusunan dan tradisi rakyat yang begitu melekat pada dirinya telah mendorongnya membuat desain kain yang diproduksi oleh perajin lokal. Desain kursinya pada tahun 1947 merupakan gabungan garis-garis seperti garis lurus dengan banyak bentuk organik. Ia kemudian dikenal sebagai tokoh gerakan Memphis sebagai bagian inti gerakan Radikalisme dalam dunia desain di Italia. Gagasan-gagasannya banyak mempengaruhi perkembangan desain dunia hingga sekarang.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Sabtu, Maret 21, 2015

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion