Jumat, 13 November 2015

Memperbaiki HP China "Gambar Rusak,Kembalikan Kesemula"

Cara memperbaiki atau menyervis hp "China" yang mengalami error atau masalah dimana selalu muncul tulisan "gambar rusak, kembalikan ke semula" atau jika pengaturan teleponnya menggunakan bahasa inggris tulisannya "File error, restore default". 
File error, Restore default
Mengatasi Error Gambar Rusak, Kembalikan Kesemula atau File error, Restore default
Pada K-Touch Q981

Hp China adalah sebutan umum untuk jenis atau merk handphone yang di keluarkan atau dipabrikasi di China, ada berbagai merek yang memang sudah lekat atau akrab di Indonesia. Salah satu daya tarik hp kelompok ini adalah harganya yang jauh lebih murah/ miring dibandingkan dengan hp merk lainnya. Kelebihan lainnya, hp China diakui kemampuannya dalam menangkap sinyal terutama untuk daerah-daerah yang sulit dijangkau sinyal provider seluler.

Kembali ke cara mengatasi error atau masalah dimana selalu muncul peringatan "Gambar Rusak,Kembalikan Kesemula", yang sepengetahuan saya hanya di alami oleh hp pabrikan China yang diantaranya merk Mito dan K-Touch berbagai seri. 

Saya sendiri mengalaminya pd hp K-Touch seri Q981, awalnya pagi saya menghidupkan hp karena sudah lama hp tersebut disetting agar mati setiap jam 12 malam, selain untuk menghemat baterai juga untuk mengistirahatkan hp, lagian rasanya sangat jarang ada telepon atau sms yang masuk diatas jam tersebut. Saat saya menghidupkan langsung muncul peringatan seperti gambar diatas, berulang-ulang dan tombol menunya tidak bisa digunakan. 

Karena merasa menyerah akhirnya browsing dan menemukan beberapa artikel yang jika saya kelompokan ada dua cara mengatasinya. Yang pertama adalah dengan cara yang sangat klasik dan sederhana yaitu mencoba menekan tombol menu berulang kali dengan cepat sampai berhasil masuk ke option menu, dan yang kedua dengan menggunakan tool atau software flash tool.

Saya mencoba mempraktekan teknik atau cara yang pertama yaitu mencoba mengakses pilihan menu, namun terus gagal akhirnya mencoba menggunakan cara kedua yakni dengan software flash tool, aplikasi gratisan bisa di download dan filenyapun tidak terlalu besar hanya beberapa MB. 

Program Flash tool ini sebenarnya cukup simple dan mudah, sayangnya mungkin saya yang terlalu gaptek makanya saya tidak berhasil menggunakan cara kedua ini. Kendalanya adalah saat melakukan flashing aplikasinya tidak mendeteksi hp yang sudah di hubungkan melalui USB tersebut, entah dimana letak kesalahannya. Btw akhirnya, kembali mencoba langkah atau cara pertama, kali ini saya menggunakan kedua tangan untuk menekan option menu secepat mungkin dan akhirnya berhasil, selanjutnya saya masuk kepilihan pengaturan telepon lanjut ke poin no lima yakni menampilkan karakter dan  ubah walpapernya. Selesai dan hp K-Touch Q981 pun kembali normal.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Jumat, November 13, 2015

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion