Senin, 30 Mei 2016

SUSAH SENANG SAAT MENJADI MAHASISWA

Mahasiswa adalah kaum intelektual yang terdidik serta memiliki tanggung jawab yang besar terhadap sebuah perubahan. Langkah mahasiswa untuk menuju suatu perubahan bukanlah sesuatu yang mudah untuk di capai. Berbagai rintangan yang harus di lalui selama berada di dunia kampus harus memilki strategi yang baik. Untuk memulai kuliah, bukanlah yang mudah untuk di capai tanpa sebuah pengorbanan yang lebih, mulai dari meluangkan waktu, pikiran sampai menghabiskan, tenaga, biaya, dan lain-lain. Tentu  dibalik semua itu adalah sebuah perjuangan untuk meraih sebuah impian yang ingin kita capai selama menjalani kuliah, karena semua itu merupakan sesuatu yang berharga yang harus di bayar.

Masa-masa awal kuliah merupakan perjalanan yang terasa sangat menyenangkan, pada saat menjadi seorang mahasiswa baru,  banyak pengalaman baru dan kehidupan baru yang dirasakan ketika berada di dunia kampus. Namun kelamaan–kelamaan tiba-tiba saja kamu akan merasakan titik kejenuhan selama kamu merasakan proses kuliah.

Jadi kuliah bukanlah hal yang di kerjakan secara rutinitas, tetapi kuliah merupakan proses membentuk diri kita menjadi apa yang kita inginkan di masa mendatang. Jadi harus memiliki niat dan tujuan yang benar saat kita kuliah, karena dengan hal itu pasti akan berdampak pada saat selama kita menjalani proses kuliah,

Sebenarnya mahasiswa harus memiliki tujuan yang pasti saat dia kuliah, artinya dia tahu bahwa di saat menjalani kuliah apa yang harus dia lakukan. Memang kehidupan di saat kita kuliah pasti mengalami sebuah rintangan, mulai dari kita beradaptasi pada dunia kampus, menjadi mahasiswa yang berprestasi, mendapatkan nilai IP yang tinggi, dan berorganisasi di kampus serta melakukan kontribusi atau pengabdian terhadap masyarakat. Dan yang lebih parah setiap hari harus mengerjakan tugas kuliah yang sering numpuk.

Jadi seorang mahasiswa harus mempunyai derajat yang lebih dari anak SMP dan SMA, karena mahasiswa sangat berperan penting membangun suatu perubahan untuk kemajuan bangsa. Mahasiswa di tuntut untuk selalu aktif di dalam ruang kelas, tetapi di luar ruang kelas mereka harus berperan aktif terhadap masyarakat, seperti mencari solusi-solusi dari masyarakat. Karena hidup menjadi mahasiswa tidak berarti hanya untuk mencari sebuah nilai dan selembar ijazah atau sebuah gelar sarjana. Masa depan mahasiswa tidak akan di pandang hanya dengan gelar sarjana, dan tujuannya hanya untuk mencari sebuah ijazah. Tentu di balik semua itu adalah orang-orang yang termasuk golongan yang merugi .Karenasebaik-baiknya orang adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain dengan ilmu yang telah dia dapatkan. Dan masa depan yang baik tidak akan bisa di raih dengan selembar kertasitu. 


Mahasiswa di tuntut untuk memiliki rasa peduli dan kepekaan terhadap lingkungan sekitarnya. Karena mahasiswa yang dapat memberikan perubahan bagi bangsa. Mahasiswa juga harus memiliki jiwa sosial yang baik terhadap masyarakat dengan terjun langsung untuk mencari solusi-solusi darimasalah-masalah yang di alami oleh masyarakat. Artinya sebagai agen perubahan bagi bangsa
.
Mahasiswa juga dituntut untuk berprestasi pada saat di kampus mengikuti lomba-lomba, misalnya lomba kreativitas mahasiswa
seperti PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), atau lomba-lomba yang sesuai keprofesian. Selain itu
mahasiswa harus memiliki minat-bakat dan mengembangkannya seperti mengikuti kegiatan UKM ( Unit kegiatan Kemahasiwaaan), dan partispasi aktif pada kegiatan organisasi mahasiswa seperti kegiatan HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan), BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa). Sehingga mahasiswa mampu mengasah softskillnya bukan hanya mampu berprestasi pada hardskill saja.
Mahasiswa jadi harus pandai untuk mengatur manajemen waktunya, agar kegiatan-kegiatan yang di jalani selama di kampus, maupun saat kuliah, beorganisasi, dan ikut kegiatan UKM, atau pelatihan atau seminar, dan lain-lain. Tentunya semua yang di lakukan mendukung kemampuan softskill maupun hardskill.

Intinya mahasiswa harus menjalani semua proses selama di kuliah atau di kampus, seperti air yang mengalir. Jangan lupa untuk senantiasa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semua yang kita lakukan agar mendapatkan petunjuk dan kelancaran saat kuliah. Karena di balik perjuangan dan rintangan pasti semua ada hikmahnya. Semoga mahasiswa Indonesia bisa menjadi perubahan bagi bangsa yang tercinta ini. Hidupmahasiswa…..!

Artikel kiriman Muhammad Awaluddin, Makassar

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Senin, Mei 30, 2016

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion