Selasa, 10 Januari 2017

Contoh Laporan Perjalanan Wisata

Membuat Laporan Perjalanan Wisata adalah salah satu "kewajiban" setelah melakukan perjalanan wisata (study tour) khususnya bagi para siswa atau mahasiswa. Bagi yang sudah pernah membuat laporan perjalanan wisata tentunya tidak akan menjadi masalah, namun bagi mereka yang baru pertama kali mungkin akan sedikit kesulitan. 
Cara membuat laporan study tour
Contoh Laporan Perjalanan Wisata

Cara menyusun laporan perjalanan wisata biasanya sudah ditentukan draftnya oleh pihak sekolah atau kampus sehingga peserta study tour hanya tinggal mengembangkannya saja, namun jika pihak penyelenggara tidak menyiapkan draft atau kerangka laporan maka bisa melihat contoh laporan perjalanan wisata berikut :

Kerangka Laporan Perjalanan Wisata 
  1. Daftar Isi
  2. Kata Pengantar
  3. Pendahuluan
  4. Isi
  5. Penutup
  6. Daftar Pustaka

Daftar Isi
Adalah  lembar halaman yg menjadi petunjuk pokok isi buku beserta nomor halaman

Kata Pengantar
Adalah pandangan atau paparan umum  yang ditulis sebagai bagian dari pendahuluan dalam sebuah tulisan (misal buku, makalah, laporan, dsb)

Pendahuluan
Merupakan bagian awal dalam sebuah tulisan berupa ulasan penjelasan dari sebuah karya tulis. Pendahuluan biasanya mengandung latar belakang, tujuan, waktu dan tempat.

Isi
Bagian ini merupakan pokok dari sebuah laporan itu sendiri. Menurut hemat saya secara sederhana isi sebuah laporan harus dapat memberikan informasi 5 W + 1 H kepada setiap yang membacanya. Sebagai contoh misal anda melakukan perjalanan wisata ke Loksado, Kalimantan Selatan, maka setidaknya informasi yang harus ada adalah Apa  itu Loksado?, Dimana objek wisata Loksado?, Kapan study tour ke Loksado?, Kenapa memilih Loksado?, dan Bagaimana cara ke Loksado?.

Penutup
Penutup adalah bagian dalam sebuah laporan yang berisi simpulan dan saran. 

Daftar Pustaka
Jika dalam penyusunan laporan tersebut menggunakan referensi dari berbagai sumber maka sebaiknya bagian akhir di cantumkan pada halaman Daftar Pustaka.



ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Selasa, Januari 10, 2017

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion