Rabu, 15 Februari 2017

Objek Wisata Pagat Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Penasaran karena belum sempat berkunjung ke objek wisata di barabai saat menjelajah Gunung Balu Desa Nateh beberapa waktu lalu akhirnya saya memutuskan kembali ke bumi Murakata. Kali ini kami kembali start dari Banjarmasin namun karena hanya berdua kami berangkat menggunakan sepeda motor. Cuaca yang tidak bersahabat membuat waktu tempuh perjalanan menjadi semakin lama, hujan lebat disertai angin kencang sangat berbahaya bagi pengendara sepeda motor meski kami sudah mempersiapkan mantel hujan. Alhasil perjalanan yang biasanya hanya memakan waktu sekitar 4 jam meleset jauh menjadi sekitar 5,5 jam karena harus beberapa kali berteduh. 

Harga tiket masuk wisata pagat Barabai
Loket Masuk Objek Wisata Pagat Kec. Batu Benawa Kab. HST

Cara menuju objek wisata pagat
Tujuan Rekreasi Objek wisata Pagat Kec. Batu Benawa, HST Kalsel


Di Bumi Murakata, kami langsung menuju rumah Agustina, salah seorang kawan lama. Niatan semula sebenarnya hanya untuk minta tolong sebagai penunjuk jalan atau guide, karena kami tidak begitu menguasai daerah ini. Namun keluarga tersebut sangat murah hati sehingga kami di jamu makan malam dan di perkenankan menginap. 
Sungai di ojek wisata pagat Barabai
Sebenarnya ada banyak objek wisata di Hulu Sungai Tengah (HST) namun yang cukup populer salah satunya adalah Objek Wisata Pagat. Seperti halnya objek wisata Sungai Kembang, wisata Pagat juga merupakan tipe wisata alam arus sungai. Bedanya objek wisata ini sudah di kelola cukup lama dengan beberapa fasilitas yang juga lumayan lengkap.
objek wisata di Barabai
Jembatan Wisata Pagat Hulu Sungai Tengah
Jarak Objek Wisata Pagat Hulu Sungai Tengah dari rumah  Agustina tidak begitu jauh, hanya butuh sekitar 15-20 menit menyusuri jalan pedesaan kami telah tiba di depan pintu loket Objek Wisata yang berada di kecamatan Batu Benawa ini. Dengan membayar tiket masuk sekitar Rp. 2.500,- pengunjung bisa menikmati objek wisata ini.
Sungai di ojek wisata pagat Barabai
Di dalam lokasi objek wisata pengunjung bisa menikmati pemandangan dari atas puncak bukit atau merasakan segarnya air sungai pegunungan.  Di sisi seberang sungai juga ada gua yang sering menjadi lokasi favorit pengunjung untuk berfoto, menurut cerita gua ini ada penunggunya loh, jadi kalau mau berfoto harus permisi dulu jika tidak fotonya akan rusak atau ada penampakan, percaya atau tidak terserah anda.
Tangga Menuju Puncak di Objek Wisata Pagat

pemandangan di HST
Pemandangan dari Puncak objek wisata pagat
Untuk menyebrang sungai ada dua jenis jembatan yang disediakan, anda bisa memilih jembatan bambu berada di bagian bawah atau di permukaan sungai atau jembatan gantung yang berbahan kayu ulin (kayu besi) keduanya sama-sama di tarif Rp. 1000,- per orang. 



ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Rabu, Februari 15, 2017

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion