Selasa, 20 Juni 2017

Aktivasi Akun Pembekalan PLPG 2017

Mjumani.net - Sesuai arahan dari dinas dan surat edaran, hari ini 20 Juni 2017 adalah tanggal dimulainya aktivasi akun pembekalan (pra kondisi) peserta PLPG 2017. Sebagaimana diberitahukan sebelumnya, tahun ini adalah tahun terakhir pelaksanaan program sertifikasi guru dengan menggunakan pola PLPG, ke depan pelaksanaan program ini akan menggunakan pola PPG baik bersubsidi maupun tidak. 
aktivasi akun plpg 2017
Aktivasi akun pembekalan PLPG 2017

Dilansir dari website kemdiknas, penetapan peserta PLPG 2017 sudah berakhir dan proses penempatan peserta ke LPTK penyelenggara sudah selesai. Hasil penempatan peserta PLPG 2017 ke LPTK penyelenggara dapat dilihat melalui tautan Daftar Peserta PLPG 2017.

Aktivasi akun pembekalan (prakondisi) untuk pertama kalinya menggunakan NUPTK dan password, password dibagikan melalui LPMP dan Dinas prov/kab/kota. Aktivasi akun pembekalan dibuka mulai tanggal 20 Juni 2017, namun  hingga saat ini laman https://ksg.kemdikbud.go.id masih belum bisa di akses. 

Saat admin mencoba mengakses alamat tersebut pukul 05.30 wib, halaman tersebut masih bertuliskan Under Costruction, We Are Comming Soon 03 Hours : 24 Minutes : 03 Second yang artinya website masih dalam tahap persiapan dan baru bisa di akses beberapa jam lagi, 

Sembari menunggu web aktivasi pra kondisi ini bisa di akses, bapak ibu guru peserta PLPG yang belum mendaftar bisa mengakses halaman http://sertifikasiguru.id, karena di sana anda dapat belajar secara online dan mendownload modul-modul yang sangat berguna. 

Nah, setelah menunggu beberapa lama, akhirnya peserta PLPG bisa melihat atau mengaktivasi akunnya dengan login melalui link alternatif Aktivasi Akun Pembekalan PLPG 2017

aktivasi akun prakondisi plpg
Cara aktivasi akun pembekalan PLPG 2017
Cara aktivasi akun prakondisi atau pembekalan PLPG 2017 sebagai berikut
1. Masuk ke https://ksg.kemdikbud.go.id atau klik Aktivasi Akun Pembekalan PLPG 2017
2. Masukan nomor peserta dan pasword atau kode aktivasi yang sudah diberikan oleh dinas atau LPMP
3. Jika berhasil pada bagian aktivasi akun anda akan bertanda centang atau ceklis

bagaimana mengaktifkan akun plpg 2017
Akun Pembekalan PLPG 2017
Perhatian :
Jika masuk menggunakan link alternatif atau bukan link https://ksg.kemdikbud.go.id harap jangan mengubah data apapun.

Aktifkan kembali akun pembekalan PLPG anda melalui https://ksg.kemdikbud.go.id  jika sudah bisa di akses.

Download Petunjuk Teknis Aplikasi Pra Kondisi PLPG 2017

Tips
Jika kesulitan mengakses menggunakan koneksi internet dari operator lain, cobalah untuk menggunakan provider Telkomsel atau wifi id. Cobalah untuk mengakses di pada bukan jam sibuk, misal malam atau dini hari.  Selamat mencoba !

Silahkan di share jika bermanfaat.
aktivasi ksg kemdikbud


halaman kemdikbud
Tampilan Halaman Konsorsium Sertifikasi Guru Kemdikbud

update 
Hari ini Kamis 22 Juni 2017, akses halaman https://ksg.kemdikbud.go.id sudah jauh relatif lebih mudah di akses pada pukul 04.00 wib. Bagi anda yang masih belum berhasil log in, harap bersabar karena traffic sedang padat. Ada ribuan yang sedang atau ingin mengakses website tersebut jadi agak susah masuk. Kualitas koneksi dan waktu akses juga turut menentukan keberhasilan anda.

Catatan
Buat peserta PLPG 2017 yang telah berhasil mengaktivasi akun pembekalannya di harapkan untuk tidak mengganti email dan atau paswordnya dulu, hal ini untuk menghindari masalah seperti tidak bisa login dan lain hal. Karena  server yang padat, dan masih belum stabil sangat riskan.  Jika sudah terlanjur dan mengalami masalah, silahkan bergabung dan bertanya di Grup Sertifikasi Guru 2017 ( Facebook). Karena di sana sudah ada banyak peserta yang mengalami masalah serupa sehingga bisa berbagi pengalaman. Terimakasih.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Selasa, Juni 20, 2017

18 komentar:

Raddy jamair mengatakan...

Apakah link alternatif itu resmi min.. ??

karena link yang saya dapatkan dari diknas adalah https://ksg.kemdikbud.go.id/pembekalan/

mohon pencerahannya.. ???
salam

Admin mengatakan...

@Raddy jamair, Link tersebut ada di sebutkan dalam juknis aplikasi PLPG 2017, jadi aman. Namun, link tersebut lebih kepada percobaan/percontohan, setiap peserta tetap di wajibkan kembali untuk mengaktivasi akunnya di halaman resmi jika sudah bisa di akses, sebagaimana yang di lakukan di halaman atau link alternatif tersebut.

Unknown mengatakan...

Susah untuk mengaksesx....jdi kesulitan untuk mengaktivasi akUN

sri wanti anggun lestari mengatakan...

min, saya sudah mengaktifkan, kemudian saya merubah alamat emailnya min. terus minta dikonfirmasi. tapi gak da masuk link konfirmasinya. kemudian saya coba login tapi minta konfirmasi email. jadi gimana mengatasinya min. saya gak bisa masuk lagi min sampe konfirmasi akunnya, tapi tidak ada lnk yang masuk. mhon pencerahannya min. gimna mengatsinya

Admin mengatakan...

@Sri, di tunggu saja biasanya otomatis, sekitar 30 menitan sudah bisa di akses lagi...

Joko Noviantoris mengatakan...

Saya juga sama problemnya, ubah email sudsh dri kemarin tpi belom ada juga konfirmasi email

Marianne Manalu mengatakan...

Saya belum bisa mengaktivasi akun, terkadang ada tulisan merah diatas "data tidak cocok" padahal username dan password sudah benar.
Username nya menggunakan NUPTK kan min?

PertamaSolusi mengatakan...

pak admin, kalau merubah email terus tidak bisa login lagi karena belum dikonfirmasi solusinya bagaimana ?
terimakasih

Admin mengatakan...

@Marianne, aktivasi menggunakan Nomor Peserta (bukan NUPTK) yang di dapatkan dari LPMP atau dinas setempat biasanya juga tercantum atau di ambil bersamaan formulir A1.

Unknown mengatakan...

min..klu aktivasi ga bs katanya disitu peran anda salah.jd gmn mengaktifknnya pdhl sdh sesuai petunjuk

Unknown mengatakan...

sama td saya juga setelah merminta konfirmasi perubahan email tdk bisa masuk lagi, dan konfirmasi email tidak masuk-masuk.
mohon solusinya nih

As'ari Suwandra mengatakan...

Sri sudah bisa login lg?

Ngurah suta mengatakan...

sudah login trus mengubah alamat email
lalu, mencoba login lagi, tapi ndak bisa karena belum ada balasan email konfirmasi. bagaimana solusinya??

Sutami Blogger mengatakan...

Saya sudah berhasil aktivasi akun di web 103.... dan sudah ganti password, ketika sya masuk ke web ksg...identitas tdak ada yang cocok, bagaimana solusinya?

Icha mengatakan...

Bagaimana cara download modul pembelajarannya? Saya sudah masuk link sertifikasi.id namun blm ketemu modulnya.. mohon bantuannya..

Admin mengatakan...

@Icha, Masuk saja halaman sertifikasi.id, nah pada menu sebalah kiri klik belajar, kemudian biar lebih mudah pada kolom pencarian (sebelah kanan) ketikan mata pelajaran atau bidang studi modul yang mau di cari misal ketik matematika untuk mencari modul matematika dsb. Setelah ketemu klik, maka halaman selanjutnya ada beberapa materi, di sana ada pilihannya mau di baca langsung atau download, serta ada tugas yang harus di download dan di kerjakan baru di upload lagi jika sudah selesai. semoga membantu.

Marianne Manalu mengatakan...

Saya sudah telepon dinas kabupaten untuk login username nya NUPTK dan password aktivasi min, mknya sy coba itu, kalw no peserta, sy lihat 1 kecamatan sama min, hanya beda di no urut dan kode aktivasi, gmn min?
Selalu balasan nya "identitas tidak cocok dengan catatan kami"

Rika Nurul mengatakan...

saya sdh bs login tapi kok yg warna hijau selamat anda telah malakukan aktivasi akun itu gak muncul...itu bararti akun saya dh aktif pa blm ?mohon pencerahannya...makasih

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion