Ciri-ciri, Sistem Reproduksi, Pernapasan dan Habitat Bulu Babi (Echinos seculentus)

www.mjumani.net - Bulu Babi (Echinos seculentus) atau dikenal juga dengan nama landak laut adalah kelompok hewan yang tergolong kedalam filum echinodermata. Saat ini landak laut atau bulu babi ini semakin populer karena kerap diolah menjadi menu hidangan mewah diberbagai restoran ternama. Selain karena rasanya yang unik dan lezat, menu ini spesial karena proses pengolahannya yang tidak sembarang.

ciri-ciri bulu babi/ landak laut


Ciri-ciri umum landak laut atau "Bulu Babi" adalah sebagai berikut :

  • Berbentuk bulat dan berlengan pendek.
  • Habitatnya di laut.
  • Simetri radial
  • Dinding tubuh berupa kepingan kapur.
  • Tubuh dilengkapi dengan duri spina yang digunakan untuk bergerak
Sistem pernapasan "Bulu Babi"/landak laut menggunakan paru-paru kulit atau dermal branchiae (papulae) yaitu penonjolan dinding rongga tubuh (selom) yang tipis. Tonjolan ini dilindungi silia dan pediselaria. Pada bagian inilah terjadi pertukaran oksigen dan karbondioksida.

Sistem Reproduksi "Bulu Babi" atau landak laut (Echinos) memiliki alat kelamin yang terpisah, pembuahan terjadi secara eksternal, yaitu di air laut. Telur dibuahi akan membelah secara cepat berkembang menjadi  larva (bipinnaria) berbentuk simetri bilateral yang berenang bebas di dalam air mencari tempat yang cocok hingga menjadi branchidaria, lalu mengalami metamorfosis dan akhirnya menjadi dewasa. Setelah dewasa, bentuk tubuhnya  berubah menjadi simetri radial.

Habitat dan peranan "Bulu Babi" atau landak laut 
Hewan ini hidup dilaut dangkal, laut dalam, dan tepi pantai. Ia berperan dalam rantai makanan dan menjaga keseimbangan ekosistem laut. Echinoidea berperan penting terhadap perputaran bahan organik di dasar laut. Ia juga sangat berjasa dalam menjaga kebersihan dasar laut dan perairan pantai. Saat ini banyak diburu untuk dijadikan olahan seafood. 

- Volunteer - Guru Pedalaman - Pendiri Bambo Foundation - Blogger

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »
Add Comments

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.
EmoticonEmoticon