25 Cabang Ilmu Biologi dan contoh hubungannya dengan masalah sehari-hari

www.mjumani.net - Tahukah kamu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang penurunan sifat disebut dengan Genetika. Sedangkan cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang tumbuhan disebut dengan Botani. Untuk kamu ketahui ilmu Biologi adalah salah satu disiplin ilmu yang sangat penting. Kata  Biologi berasal dari kata Bios (hidup) dan logos (ilmu), oleh karena itu objek kajian utama ilmu ini adalah tentang makhluk hidup atau sesuatu yang berhubungan dengannya.

Cabang Biologi yang mempelajari jamur
Mikologi adalah cabang biologi yang mempelajari tentang jamur

Misalnya saja ketika terjadi wabah penyakit flu burung beberapa tahun silam, untuk mengatasinya berhubungan dengan para ahli yang telah menguasai cabang ilmu biologi antara lain Virulogi karena wabah ini disebabkan oleh virus, cabang ilmu biologi Ornitologi karena diduga asalnya dari unggas, cabang biologi Hgiene yang mempelajari tentang pemeliharaan kesehatan makhluk hidup, Fisiologi cabang ilmu yang mempelajari tentang mempelajari proses dan fungsi tubuh baik secara anatomi maupun morfologi dan beberapa cabang lainnya. Kasus pandemi Covid 19 juga hampir sama dengan ini. 

Masih banyak hal dalam kehidupan yang melibatkan cabang ilmu biologi dalam pemecahan masalah sehari-hari baik di lingkungan rumah, sekolah, maupun industri. Jika kamu ada pertanyaan atau hal yang ingin didiskusikan jangan ragu untuk mengungkapkannya di kolom komentar ya !

Cabang-cabang ilmu biologi cukup banyak dan terus mengalami perkembangan, berikut 25 cabang ilmu Bilogi yaitu :

1. Anatomi - adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk susunan tubuh makhluk hidup.

2. Bakteriologi - adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk bakteri dan kehidupannya.

3. Botani - adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk tumbuhan dan kehidupannya.

4. Ekologi - adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk makhluk hidup dengan lingkungan alam tempat tinggalnya (habitat).

5. Embriologi - adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk pengkembangan suatu organisme semenjak berbentuk telur hingga menjadi embrio.

6. Entomologi - adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk serangga beserta kehidupannya.

7. Evolusi - adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk perkembangan makhluk hidup mulai dari bentuk yang sederhana hingga yang kompleks.

8. Fisiologi - adalah ilmu biologi yang mempelajari proses dan fungsi tubuh baik secara anatomi maupun morfologi.

9. Genetika - adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk penurunan sifat suatu makhluk hidup kepada keturunannya.

10. Higien - adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk pemeliharaan kesehatan manusia.

11. Histologi - adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk susunan serta fungsi bagian-bagian yang ada pada jaringan makhluk hidup.

12. Mikrobiologi - adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk organisme renik (mikro) serta kehidupannya.

13. Palaeontologi - adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk kehidupan makhluk hidup di masa lalu serta kehidupannya dengan mempelajari fosil yang berasal dari masa lampau.

14. Parasitologi - adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk parasit, baik pengaruh terhadap makhluk hidup lainnya maupun kehidupannya.

15. Sitologi - adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk susunan serta fungsi bagian-bagian yang ada pada sel makhluk hidup.

16. Virologi - adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk virus, baik pengaruh terhadap makhluk hidup lainnya maupun kehidupannya.

17. Zoologi - adalah  cabang ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk hewan serta kehidupannya.

18. Morfologi- adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari  bentuk dan susunan tubuh (luar/dalam) mahluk hidup.

19. Ornitologi  yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari  tentang burung.

20. Mamologi - yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari perihal mamalia yang ada di bumi.

21. Agronomi merupakan cabang biologi yang mempelajari tentang tanaman budidaya.

22. Biologi molekuler adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang penyusun tubuh makhluk hidup pada tingkatan molekul.

23. Biogeografi merupakan cabang ilmu biologi yang secara khusus mengkaji tentang persebaran flora dan fauna.

24. Fisioterapi merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang pengobatan terhadap penderita yang mengalami kelumpuhan atau gangguan otot.

25. Farmakognosi mungkin masih tidak terlalu familiar, ini adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang obat-obatan dari sumber alami seperti tumbuhan, hewan, atau mikroba.

Masih banyak cabang-cabang ilmu biologi  misalnya yang berkaitan dengan disiplin ilmu yang berbeda. Contoh cabang ilmu bilogi pada artikel ini adalah yang sudah sangat familiar ditambah dengan cabang-cabang yang cukup asing ditelinga. Jika kalian ingin menyelesaikan soal-soal HOTS yang berhubungan dengan cabang-cabang ilmu biologi maka yang perlu diperhatikan adalah kalian harus menguasai atau mengingat cabang-cabang biologi tersebut dan definis atau objek kajiannya. Setelah itu tinggal menganalisi situasi atau menganalogikannya dengan nalar. 

Misalnya jika sebuah soal memberikan kasus tentang terjadinya penurunan populasi ikan pada sebuah ekosistem danau, maka untuk pemecahan masalahnya dapat dihubungkan dengan cabang biologi antara lain Zoologi, karena objeknya ikan dan ikan adalah hewan atau secara khusus lagi Ichtyologi yakni ilmu yang mempelajari ikan dengan segala aspek kehidupannya. Selain itu perlu juga pemahanan tentang Ekologi karena berkaitan dengan habitat dan lingkungannya, yang lainnya mungkin saja cabang parasitologi (jika ada kemungkinan kematiannya akibat prasit), dan beberapa cabang lain  sesuai dengan situasi kasus. 

Semoga bermanfaat !